Politeknik Negeri Batam Adakan Pelatihan Animasi dengan Media Flip Book

Politeknik Negeri Batam Adakan Pelatihan Animasi dengan Media Flip Book

Foto: Poltek Negeri Batam

Batam - Civitas Politeknik Negeri Batam mengadakan kegiatan bertajuk "Pelatihan Animasi Sederhana dengan Media Flip Book untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak-anak Hinterland" di SDN 002 Pasir Panjang, Rempang Cate, Kecamatan Galang, Batam, Sabtu (5/10/2019).

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian di masyarakat oleh kampus Poltek. Flip book adalah susunan rangkaian gambar dalam buku yang terlihat seakan-akan bergerak jika halamannya dibalik secara cepat.

Koordinator Pelaksana, Selly Artaty Zega mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman baru yakni mengetahui bagaimana cara kerja membuat animasi secara sederhana.

"Selain itu, kegiatan ini turut meningkatkan kreativitas anak, melatih anak untuk fokus dan sabar serta mengembangkan imajinasinya.  Bukan hanya kesabaran anak-anak SDN 002 yang dilatih, namun juga kesabaran para pengajar flip book yang merupakan dosen, laboran serta mahasiswa Polibatam," ujarnya.

Ada peserta yang berhasil menyelesaikan gambar 64 halaman, ada juga yang melanjutkannya di rumah.

Ketua KKT GMT, Riwinoto mengambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu program pengabdian KKT (Kelompok Keahlian Terapan) Game & Multimedia Technology (GMT) tahun 2019 ini. Pelatihan ini diikuti oleh 53 peserta yang merupakan siswa dan siswi kelas 1 hingga 6 SD.

"Anak-anak semakin tertarik ketika melihat gambar di buku Upik & Pohon Ajaib karya Happy Yugo Prasetya, yang terlihat bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat," sebutnya.

Happy Yugo Prasetya sekaligus menjadi pemateri pada pengabdian tersebut. Rahmi (siswi kelas 3, SDN 002) salah satu siswi yang menyukai kegiatan ini menjadi pesera pertama yang dapat menyelesaikan gambar flip book sebanyak 64 halaman.

Selain itu, menurut Wasek SDN 002, Wildan, baru kali ini ada program kreatifitas anak di sekolah tersebut dan berharap semoga di lain waktu, pengabdian ini dapat dilanjutkan kembali.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews