Wings Batam-Tanjungpinang Terakhir Terbang Besok, 7 Rute Disetop

Wings Batam-Tanjungpinang Terakhir Terbang Besok, 7 Rute Disetop

Wings Air.

Batam - Mulai 3 Oktober 2019 Maskapai Wings Air akan memberhentikan beberapa rute penerbangan domestik. Sebanyak tujuh rute dikurangi. Termasuk Batam-Tanjungpinang.

Di situs traveloka, penerbangan wings masih melayani Batam-Tanjungpinang hingga 2 Oktober. Pantauan batamnews, tarif dibuka seharga Rp 266.300.

 

 

"Wings Air terpaksa melakukan penghentian operasional pada rute tersebut, karena dalam setiap penerbangan masih merugi serta jumlah penumpang yang belum optimal," kata Humas Lion Air Group, Danang Mandala, Selasa (1/10/2019).

Seperti diketahui, beberapa rute yang terkena penghentian:

Kepulauan Riau
Batam (BTH)-Tanjung Pinang (TNJ)

Sulawesi Tengah
Palu (PLW)-Morowali (MOH)
Palu (PLW)-Ampana (OJU).

Nusa Tenggara Timur
Kupang (KOE)-Rote (RTI)

Sulawesi Utara
Manado (MDC)-Kao (KAZ),
Manado (MDC)-Naha (NAH), Kepulauan Sangihe
Manado (MDC)-Melanguane (MNA), Kepulauan Talaud.

"Beberapa rute tersebut akan diberhentikan sampai pemberitahuan lebih lanjut atau batas waktu yang tidak ditentukan," ucapnya.

Lanjutnya penyebab kerugian paling utama pada pembukaan rute tersebut adalah harga bahan bakar avtur yang memberatkan, tidak sebanding dengan profit penerbangan. Jumlah penumpang di bawah target.

Seperti halnya harga avtur di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang per liter Rp 7.970, untuk Bandar Udara Internasional Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur per liter Rp 9.970, Bahkan di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara per liter mencapai Rp 10.080, begitu juga Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah per liter Rp 10.080.

"Untuk Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabillillah, Tanjung Pinang, sendiri per liter mencapai Rp 9.540," ujar dia.

Pada rute Batam-Tanjungpinang selama ini, masyarakat di dua wilayah tersebut, masih lebih meminati angkutan penyeberangan menggunakan kapal ferry dibanding pesawat karena tarif lebih murah dan jarak tempuh dekat, 1 jam perjalanan.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews