Menanti Janji Rudi Bebaskan UWTO Lahan di Batam

Menanti Janji Rudi Bebaskan UWTO Lahan di Batam

Wali Kota ex-officio Kepala BP Batam HM Rudi saat meninjau proyek BP Batam di Sei Ladi. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Janji Wali Kota HM Rudi menghapuskan Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) atau yang kini lazim disebut UWT bagi masyarakat Batam masih di awang-awang.

Sejak sebelum menjabat Wali Kota Batam, Rudi selalu mendengungkan penghapusan UWTO, khususnya bagi permukiman penduduk (perumahan) dalam forum-forum kampanye, hampir lima tahun silam. 

Isu ini menjadi salah satu penopang dukungan hingga dirinya terpilih dalam Pilkada 2015 lalu. Namun seiring waktu berjalan, janji itu tak juga terwujud. Alasannya beragam, mulai dari aturan hingga terbatasnya kewenangan yang dimilikinya.

Baca: Rudi Kembali Minta UWTO Dibebaskan

Waktu berjalan dan kebijakan politik berubah. Kini, politikus Partai NasDem itu telah ditahbiskan menjadi ex-officio Kepala BP Batam setelah dilantik Menteri Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta, Jumat kemarin.

Sehari setelah dilantik, dia langsung turun ke lapangan meninjau proyek infrastruktur yang dikerjakan BP Batam di kawasan Sei Ladi pada Sabtu (28/9/2019).

Di sela peninjauan itu, Batamnews sempat menyinggung janjinya kepada masyarakat Batam tentang penghapusan UWTO, khususnya bagi permukiman.

Baca: Apa Kabar UWTO Gratis Permukiman di Batam?

Rudi tidak mau menjawab terkait janjinya tersebut. Ia akan menjelaskan terkait janjinya usai serah terima jabatan, Kamis (3/9/2019) depan. 

"Tunggu serah terima jabatan dulu, kan belum sertijab," kata dia di Masjid Agung, Batam Center usai mengecek proyek jalan di Sei Ladi. 

Rudi melanjutkan, nanti usai sertijab dirinya akan menjelaskan langkah ke depan. "Sekaligus kita Kamis itu pisah sambut," katanya. 

Baca: Rudi Disokong Penuh Surya Paloh Bebaskan UWTO di Batam

Ia menjelaskan, seharusnya hari ini sertijab tetapi karena Eddy Putra Irawady sedang acara lain sehingga ditunda Kamis depan. "UWTO belum tahu, serah terima belum ada," katanya. 

Baca: Nyat Kadir dan Rudi Sepakat Penghapusan UWTO Permukiman di Batam

Selain menjanjikan pembebasan UWTO, Rudi juga menjanjikan kemudahan perizinan dan kenyamanan berinvestasi tanpa memandang siapa investornya. 

(snw)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews