Lantik dan Kukuhkan APDESI, Bupati Rafiq: Kawal Penggunaan Dana Desa

Lantik dan Kukuhkan APDESI, Bupati Rafiq: Kawal Penggunaan Dana Desa

Bupati Aunur Rafiq melantik pengurus APDESI Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Karimun, dilantik dan dikukuhkan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Pelantikan Pimpinan Cabang APDESI tersebut dilakukan di Gedung Nasional Karimun, Rabu (25/9/2019). Turut hadir Plt Gubernur Kepri Isdianto, kepala-kepala Desa dan juga anggota DPRD Karimun, serta FKPD lainnya.

Bupati Karimun yang melantik dan mengukuhkan anggota dan pimpinan cabang APDESI menyampaikan bahwa, Pemerintah Desa sangat berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan.

"Peran desa sangat penting dalam pembangunan dan pertumbuhan," ujar Rafiq.

Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah, pengelolaannya perlau dikawal dengan baik secara internal dan eksternal. 

Rafiq meminta, kepala desa untuk berkoordinasi dengan baik untuk pengawalan Dana Desa.

"Sejauh ini koordinasi dalam pengawalan Dana Desa sudah baik. Tapi, diharapkan dapat lebih baik lagi," ucapnya.

Meskipun masih ada kepala desa yang tersandung hukum dalan pengelolaan Dana Desa, Rafiq menyebut hal itu karena kelalaian dan kurangnya koordanasi.

"Jangan ragu, kalau paham aturan maka lakukan dengan baik, pasti tidak akan berhadapan dengan hukum, intinya konsultasi dan terbuka. Ada satu dua kepala desa yang tersandung huku, itu karena kelalaian mereka. Maka perkuatlah dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum," kata Rafiq.

Selain itu, Rafiq menyampaikan bahwa tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Karimun akan membuat kerjasa sama dengan media dengan desa-desa untuk membantu dan mempublikasikan setiap pembangunan.

"Bekerjalah sesuai aturan, jangan main-main. Kan gaji dan tunjangan sudah semakin baik," ujar Rafiq.

(aha)