Sahabat Kucing Terlantar Galakkan Gerakan Steril Kucing di Batam

Sahabat Kucing Terlantar Galakkan Gerakan Steril Kucing di Batam

Foto: Instagram/@sahabatkucingterlantar

Batam - Banyaknya kasus kekerasan terhadap kucing, justru kerap dilakukan oleh pecinta kucing dengan membuang anak kucing. Hal ini banyak dilakukan karena populasi hewan tersebut berkembang sangat cepat.

Yayasan Sahabat Kucing Terlantar (SKT) pun mengajak pecinta kucing di Batam, untuk melakukan gerakan steril dari pada melukai dengan membuang anak kucing.

"Sekarang dengan mereka membuang kucing mereka membunuh secara perlahan," kata Founder Yayasan Sahabat Kucing Terlantar, Johnson Sitorus, Selasa (10/9/2019).

Menurut dia, selama ini banyak pro dan kontra di kalangan masyarakat tentang steril akibat kurangnya pemahaman masyarakat terhadap manfaat steril.

Selain untuk mengatur populasi, kegiatan steril ini, juga bertujuan untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan hormon.

"Banyak yang beranggapan ketika di sterilkan, kita mengambil hak mereka padahal dengan steril mereka tetap bisa berhubungan seksual hanya saja tidak berkembang biak," ujarnya.

Selain untuk mengatur populasi, steril juga bermanfaat untuk kesehatan kucing sendiri. diantaranya pencegahan kanker payudara bagi kucing betina, piometra, serta infeksi rahim.

Sedangkan untuk kucing jantan, steril sendiri bermanfaat untuk mencegah kencing batu, hernia, dan membuat kucing lebih kalem saat birahi.

"Kucing jantan ketika mereka birahi, mereka rela berantem dengan kucing lain untuk memenangkan betina, namun dengan steril mereka akan lebih tenang dan sehat," pungkasnya.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews