Mahasiswa UMRAH Inisiasi Kegiatan Donor Darah dan Pengobatan Gratis di Mall

Mahasiswa UMRAH Inisiasi Kegiatan Donor Darah dan Pengobatan Gratis di Mall

Kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis yang diprakarsai oleh elemen mahasiswa di UMRAH Tanjungpinang. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang- Mahasiswa Universitas Maritin Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang menggelar kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis di Mall Tanjungpinang City Center (TCC), Minggu (8/9/2019).

Kegiatan ini digawangi para mahasiswa yang tergabung dalam Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan BEM Fakultas Ekonomi di UMRAH.

Ketua KSR PMI Unit UMRAH, Rianto mengatakan, salah satu objek paling banyak dikunjungi masyarakat adalah mall. Mereka menggelar di Mall TCC dengan harapan para pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darah dan periksaan kesehatan gratis.

"Kami menargetkan 100 kantong darah, para pengujung juga sangat antusias mengikuti kegiatan kita, biasanya kami mengelar kegiatan di kampus," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Tjetjep Yudiana mengapresiasi inisiatif mahasiswa UMRAH. Hal ini disebutnya bisa membantu masyarakat kota Tanjungpinang dalam penyediaan stok untuk kebutuhan transfusi darah bagi.

"Seperti di rumah sakit, masyarakat yang mengalami kecelakaan, dan ibu-ibu yang kehabisan banyak darah usai melahirkan, perlu ketersediaan stok darah yang cukup.," katanya.

Menurut, Tjetjep kegiatan itu juga merupakan implementasi salah satu tri darma pergguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Diskes Kepri maupun Dinkes Kota Tanjungpinang menurutnya akan selalu memberi dorongan.

"Jika semua perguruan tinggi di Kepri  maupun Tanjungpinang melakukan kegiatan serupa, maka tidak hanya membanggakan kampus tersebut, tapi juga membantu masyarakat," jelasnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews