https://www.batamnews.co.id

Indonesia Tanpa Zohri di SEA Games Filipina

Lalu Muhammad Zohri dipastikan tak akan tampil di SEA Games 2019 (Foto:ist)

Jakarta - Sprinter andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri mesti melewatkan SEA Games 2019 Filipina. Zohri diminta fokus untuk Kejuaraan Dunia Atletik dan Olimpiade 2020.

Zohri sejatinya menjadi salah satu pelari yang diproyeksi untuk mendulang emas di multiajang olahraga negara-negara Asia Tenggara, pada 30 November-11 Desember mendatang.

Zohri diunggulkan karena rentetan prestasi ditorehkan Zohri. Dimulai dari Kejuaraan Dunia U-20, kemudian mampu mengemas catatan waktu fantastis 10,03 detik, sampai-sampai yang meloloskan dia ke kualifikasi Kejuaraan Dunia dan Olimpiade 2020 Tokyo.

Adapun syarat Menpora Imam Nahrawi agar kontingen Indonesia di SEA Games 2019 didominasi atlet muda. Zohri memenuhi syarat tersebut.

Meski demikian, PB PASI bergeming dengan keputusannya. Atlet asal Pulau Lombok itu tidak akan diturunkan karena mesti fokus ke turnamen yang lebih besar.

"Kalau menurut saya jika Zohri ini masuk (SEA Games) junior tidak bisa turun. Jadi fokus ke Kejuaraan Dunia," kata Ketua PB PASI, Bob Hasan, di Stadion Madya, Senayan, Selasa (3/9/2019).

Pelatih sprinter atletik, Eni Nuraini, menyayangkan keputusan tersebut. Namun, melihat kondisi keseluruhan dari Zohri dia pun tak bisa berbuat banyak. Pasalnya, Zohri sempat mengalami cedera lutut kiri saat berlomba di Seiko Golden Prix 2019 di Osaka.

"Sebenarnya sayang jika tidak diturunkan tapi kami berpikir juga, jika turun di kejuraan dunia, kemudian Zohri juga baru pulih cedera jadi kami perlu fokus ke (Kejuaraan Dunia dan Olimpiade) dulu," kata Eni, terpisah.

"Jangan sampai dipaksa SEA Games juga, kemudian saat di Olimpiadenya jadi susah," Eni menjelaskan.

(*)