Pelajar Bintan Bakal Wakili Indonesia di SEA Games 2019

Andri, menjadi salah satu wakil Indonesia di SEA Games 2019 nanti. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Pelajar Kelas XII SMAN 1 Bintan Utara (Binut), Andri akan mengharumkan nama Kabupaten Bintan di kancah Internasional. Pria berusia 17 tahun itu masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI).

Pemuda asal Tanjunguban yang menjadi pebiliar tebaik se-Sumatera ini menjadi salah satu dari enam atlet yang akan mewakili Indonesia dalam ajang SEA Games 2019 yang digelar di Filipina pada November mendatang.

Andri mengaku sangat senang atas jerih payahnya hingga bisa lolos seleksi dan masuk Pelatnas PB POBSI. Bahkan dia juga sangat bangga bisa ikut berlaga di SEA Games ke-30 nanti di Filipina.

"Saya sangat senang sekali karena tak pernah terpikir bisa mencapai prestasi di usia muda seperti ini. Dari 25 Juli-1 Agustus saya ikut seleksi dan hasilnya saya lolos dan masuk pelatnas," ujar Andri, Minggu (4/8/2019).

Dia akan bersungguh-sungguh dan terus berlatih untuk meningkatkan keahliannya di bidang olahraga biliar. Meskipun dia belum bisa menargetkan apapun namun dia berjanji untuk berbuat yang terbaik dan semaksimal mungkin. "Saat ini saya hanya bisa berbuat yang terbaik," katanya.

Harmanto orangtua Andri mengatakan, putra keduanya itu memiliki bakat olahraga biliar sejak menginjak usia 9 tahun. Ia terus berlatih hingga kini berusia 17 tahun.

"Selaku orangtuanya saya sangat bangga. Anak kedua saya yang lahir dan besar di Tanjunguban ini mengenal dunia biliar sejak 9 tahun. Perlahan demi perlahan ia berlatih kini sudah mampu menunjukkan hasilnya," sebutnya.

Telah banyak prestasi yang diukir anaknya itu. Ketika berlaga di daerah yaitu Porprov Kepri 2018, Andri berhasil menyabet 6 emas. Lalu berlaga di kelas nusantara bahkan Andri sudah melanglang buana bertanding biliar ke Malaysia hingga Singapura.

Berkat jam terbang yang padat itu menjadikan Andri lebih matang. Baik mental maupun kemampuannya. Bahkan Andri menjadi satu-satunya atlet dari Sumatera yang mewakili Indonesia di SEA Games 2019.

"Kami selalu merestuinya dan juga tak pernah berhenti mendoakan agar anaknya itu berhasil mengharumkan nama Indonesia di SEA Games," jelasnya.

Harmanto berharap prestasi yang diraih anaknya bisa mendorong dan membangkitkan semangat anak-anak Tanjunguban ataupun Bintan untuk terus mengasah bakat dan kemampuamnya hingga mampu bersaing baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

"Anak saya lahir dan besar di Tanjunguban. Mungkin baru anak saya yang mewakili Indonesia di kancah luar. Tapi saya berharap, ada Andri-Andri lainnya untuk cabang yang sama ataupun cabang olahraga lainnya ikut berkompetisi di laga dunia," ucapnya.

(ary)