Ribuan Peserta dari 59 Negara Ramaikan Ironman 70.3 Bintan

Ribuan Peserta dari 59 Negara Ramaikan Ironman 70.3 Bintan

Kegiatan triathlon Ironman 70.3 Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Sebanyak 1.520 peserta dari 59 kewarganegaraan meramaikan Ironman 70.3 Bintan di Area Lagoi Bay dari 24-25 Agustus 2019.

Tenaga Ahli Bidang Manajemen Kalender Event Kemenpar RI, Esthy Reko Astuty mengatakan, jumlah partisipasi dalam event ini terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dari 1.300 di tahun lalu menjadi 1.520 di tahun ini.

“Mereka terdiri dari 1.200 atlet amatir dewasa dan 320 atlet anak-anak. Untuk anak-anak mengikuti Iron Kids yang dilaksanakan Sabtu (24/8/2019) sore sedangkan untuk kelas amatir baik itu pria dan wanita dilaksanakan hari ini,” ujar Esthy usai melepaskan para peserta di Pantai Lagoi Bay, Minggu (25/8/2019).

Ironman 70.3 Bintan ini menjadi salah satu event yang masuk Kalender 100 Wonderful event 2019. Sebab kegiatan ini telah memenuhi 3 kriteria diantaranya kreatif yaitu memiliki konten lokal dan kreatifitas, komersil dan komunikasi yang memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi pemerintah maupun masyarakat.

Terakhir, kata Esthy, yaitu komitmen semua pihak yang rutin menyelenggarakan event ini. Mulai dari PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Metasport, Pemkab Bintan dan Kemenpar RI. Bahkan dengan komitmen tersebut event ini sudah 7 kali dilaksanakan mulai dari 2012-2019.

“Event ini juga banyak mendatangkan wisatawan. Bukan hanya atlet saja melainkan keluarga dan sponsor mereka juga hadir di Lagoi sehingga selama 2 hari kunjungan mencapai 4000-5000 wisatawan,” jelasnya.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab mengatakan iven ini tetap berjalan karena dukungan dari semua pihak. Baik dari Kemenpar RI, Pemkab Bintan, Metasport dan Indofood selaku sponsor utama.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Kemenpar RI yang mendukung dan mempromosikan event ini ke seluruh dunia. event ini juga tak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada sponsor. Indofood menjadi sponsor utama sehingga event ini mampu terlaksana setiap tahunnya,” katanya.

Ironman 70.3 Bintan ini tidak hanya masuk dalam Kalender 100 Wonderful event saja, tetapi akan masuk dalam Kalender Top 5 event nasional. Kemudian event ini juga menjadi Top 3 Ironman dari seluruh dunia pada 2017 lalu.

Prestasi yang diraih Ironman hingga menjadi olahraga digemari di dunia ini juga dikarenakan budaya lokalnya yang dapat diterima oleh wisatawan mancanegara. Perilaku masyarakat yang sopan santun ini membuat wisatawan maupun atlet terus mengikuti berbagai iven yang ada di Bintan.

“Saya harapkan dukungan ini terus mengalir sampai kapanpun. Baik dari Indofood, Kemenpar RI, Pemkab Bintan dan Metasport sehingga iven ini terus ada setiap tahunnya di Bintan,” ucapnya.

Head of Corporate Communication Indofood Tbk, Indrayana Jap mengatakan perusahaannya bergerak di bidang pangan dan nutrisi yang menuhi pasar nasional dan internasional. Namun perusahaannya terus memberikan dukungan untuk segala cabang olahraga di Indonesia.

“Perusahaan kami juga mendukung Bintan menjadi destinasi wisata utama di Indonesia. Bahkan di event Ironman 70.3 Bintan ini perusahaan kami jadi sponsor utama,” katanya.

Produk Indofood yang diperkenalkan dalam event ini terdiri dari Indomie, air mineral club, dan susu indomilk. Khusus indomie pastinya wisatawan mancanegara sudah mengenalnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews