Lima Manfaat Sayur Kangkung, Diantaranya Bisa Tangkal Insomnia

Lima Manfaat Sayur Kangkung, Diantaranya Bisa Tangkal Insomnia

Sayur kangkung (Foto:ist/depokpos)

Jakarta - Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup akrab di lidah masyarakat Asia khususnya Indonesia. Meski beberapa waktu lalu sempat dinyatakan ilegal di Amerika Serikat karena kandungannya, sayuran berdaun panjang ini ternyata punya sederet manfaat kesehatan.

Guru besar dari Fakultas Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor, Prof Hardinsyah, MS menyebutkan tidak ada batasan khusus untuk konsumsi kangkung, namun idealnya konsumsi sayur sebanyak 250 gram per harinya, atau bila dikira-kira setara dengan dua cangkir sayur yang telah dimasak dan ditiriskan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah khasiat yang ditawarkan sayur kangkung:

1. Tinggi zat besi

Kangkung ternyata juga mengandung zat besi sama halnya dengan bayam. Zat besi dapat membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh dan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah terjadinya anemia.

2. Mengandung vitamin C

Tak hanya terkandung dalam buah seperti jeruk atau jambu, vitamin C juga ditemukan di sayuran seperti kangkung. Vitamin C diketahui punya banyak manfaat mulai untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun, hingga mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Menangkal insomnia

Seperti dijelaskan oleh Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, Ahli Gizi Persagi, kepada detikHealth baru-baru ini, kangkung memang bisa memberikan efek menenangkan sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam porsi banyak ketika mendekati jam tidur.

4. Terdapat vitamin B1

Vitamin B1 merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks yang dapat mencegah katarak serta membantu kinerja otak. Di samping itu, Vitamin B1 mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga cocok untuk orang yang anemia. Selain itu, Vitamin B1 juga mampu mencegah penuaan.

5. Memiliki protein

Tak banyak yang tahu, kangkung juga mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme tubuh. Protein dalam kangkung pun sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews