Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Bintan Hadirkan Gus Sholah

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Bintan Hadirkan Gus Sholah

Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama masyarakat Bintan. (Foto: Batamnews)

Bintan - Pemkab Bintan akan mengelar tabligh akbar menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Nantinya seluruh pejabat pemerintahan juga akan zikir bersama masyarakat se-Kabupaten Bintan.

Untuk memeriahkan hari bersejarah bagi umat Islam ini, Pemkab Bintan akan menghadirkan DR. Ir. KH. Salahuddin wahid yang akrab disapa Gus Sholah. Beliau adalah adik kandung Alm Gus Dur (Mantan Presiden RI Ke 4) serta KH. Fahmi Amrulloh Hadzik yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Almasuriyah Tebuireng Jombang, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Plt Kabag Kesra Setda Bintan, Indra Gunawan mengatakan bahwa saat ini Pemkab Bintan sedang membangun komunikasi dengan Gus Sholah untuk mengisi kegiatan tabligh akbar menyambut Tahun Baru Islam 1441 H yang akan dilaksanakan dua pekan lagi atau 1 September mendatang.

“Pada Tahun Baru Islam ini kita akan mengadakan Tabligh Akbar Bintan Berzikir. Rencananya akan mengundang Gus Sholah untuk mengisi tausyiah. Sekarang kita lagi menunggu kepastian dari beliau,” ujar Indra, Rabu (21/8/2019).

Pergantian tahun khususnya Tahun Baru Hijiriah ini merupakan momentum bersama untuk mengintropeksi diri agar dapat berubah ke arah yang lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

Sebagai umat Islam harus mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW. Namun bukan hanya perpindahan dari Mekah ke Madinah, tetapi lebih dari itu yang bermakna mentransformasi diri ke arah yang lebih bermakna, lebih baik dan lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat.

 

Bupati Bintan, Apri Sujadi sedang membahas terkait undangan Gus Sholah dengan Plt Kabag Kesra, Indra Gunawan.

 

“Meperingati hari yang bersejarah ini berarti kilas balik perjalanan kehidupan dalam satu tahun ke belakang serta memahami sekaligus menerapkan filosofi hijrah sebagai sebuah titik tolak peningkatan kualitas diri baik lahiriah maupun bathiniah,” katanya.

 

Bupati Bintan Wacanakan Ponpes Madani Ceruk Ijuk Jalin Kerjasama dengan Ponpes Tebu Ireng.

Tahun Baru Islam 1441 ini juga akan menjadi sejarah baru bagi Pondok Pesantren (Ponpes) Madani Ceruk Ijuk. Sebab hadirnya Gus Sholah di Kabupaten Bintan bukan hanya sekedar untuk mengisi tausiah dalam acara Tabligh Akbar saja.

Tetapi pada momen itu juga Bupati Bintan Apri Sujadi akan melakukan kerjasama antara Ponpes Madani Ceruk Ijuk dengan Ponpes Tebu Ireng Jombang.

“Kita berencana agar Ponpes Madani Ceruk Ijuk dapat menjalin  kerjasama dengan Ponpes Tebu Ireng Jombang. Dengan kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Ponpes Madani Ceruk Ijuk Bintan kedepannya,” jelasnya.

Ponpes Madani Ceruk Ijuk ini didirikan pada 2004 silam yang berlokasi di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya. Pesantren yang berdiiri diatas lahan seluas 10 hektare itu hadir untuk memberikan akses luas terhadap dunia pendidikan Islam bagi masyarakat Bintan maupun Kepulauan Riau yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi serta SDM yang baik.

Sistem pendidikan yang diterapkan berbasis lembaga pendidikan formal dengan keunggulan pada pendidikan Alquran terpadu. Kemudian juga mampu mengembangkan inobasi pembelajaran yang terintegrasi dengan madrasah. Sehingga melahirkan anak-anak yang memiliki SDM unggul, berakhlak mulia, cerdas, dan memiliki berbagai kompetensi.

Sedangkan Ponpes Tebu Ireng Jombang merupakan ponpes yang sangat berpengalaman dan telah banyak memberikan kontribusi besar serta sumbangan kepada masyarakat luas terutama dunia pendidikan Islam di Indoensia.

Pesantrean ini tidak hanya memberikan materi pelajaran mengenai pengetahuan agama Islam, ilmu syariat, dan bahasa arab saja yang diajarkan. Tetapi dalam struktur kurikulumnya juga memasukan pelajaran-pelajaran umum lainnya.

“Proses jalinan informasi terus kita jalin,  tentunya hal ini kita harapkan menjadi sebuah kemajuan bagi kita semua. Diskusi terkait kerjasama ini akan dilakukan saat tabligh akbar nanti,” ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews