Sang Dwi Warna Pertegas Eksistensi Indonesia di Pulau Perbatasan

Sang Dwi Warna Pertegas Eksistensi Indonesia di Pulau Perbatasan

Bendera Merah Putih sepanjang 50 meter terpasang melingkari Pulau Takong Iyu, Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Ragam aktivitas dihelat jelang peringatan hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemasangan/pengibaran bendera Merah Putih.

Banyak cara pemasangan/pengibaran bendera ini. Mulai di puncak gunung, di bawah air hingga pulau perbatasan negara. Seperti halnya yang dilakukan TNI/Polri di Pulau Takong Iyu, Karimun.

Pulau ini merupakan pulau terdepan dan terluar Indonesia. Letaknya di Desa Pelambung, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau dan berbatasan langsung dengan Malaysia.

Baca: TNI/Polri di Karimun Bentangkan Bendera Merah Putih di Pulau Perbatasan Indonesia-Malaysia

Pulau seluas 50 meter persegi itu, dijaga oleh TNI Angkatan Laut. Di sana, terdapat sebuah pos yang digunakan untuk memantau aktivitas kelautan di jalur perbatasan negara.

Pada Rabu (14/8/2019), TNI/Polri memasang sebuah bendera sepanjang 50 meter, mengelilingi Pulau Takong Iyu.

"Kita bentangkan bendera sepanjang 50 meter di Pulau Takong Iyu, pulau terluar dan terdepan Indonesia," kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro.

Catur menyampaikan, kegiatan ini juga merupakan bentuk perhatian terhadap pulau tersebut, sekaligus mempertegas bahwa jajarannya siap melibas kejahatan di laut yang dapat merugikan negara.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, mengatakan perbatasan wajib dijaga bersama oleh semua pihak.

"Itu sebagai antisipasi jangan sampai ada perbuatan atau tindakan pidana seperti penyelundupan narkoba, trafficking," ujar Hengky.

Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, mengatakan bahwa, pemasangan bendera Merah Putih di Takong Iyu bukanlah acara seremonial belaka.

"Jangan anggap ini kegiatan seremonial biasa, namun bentuk eksistensi NKRI di mata dunia," kata Rizal.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews