Penghargaan Europe Business Assembly

Ini Testimoni Netizen soal Keraguan Batam Raih Predikat "Kota Terbaik Dunia"

Ini Testimoni Netizen soal Keraguan Batam Raih Predikat "Kota Terbaik Dunia"

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan memamerkan penghargaan yang diterima. (Foto: Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Penghargaan yang diterima Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan untuk Kota Batam, sebagai kota terbaik nomor satu di Dunia di Montreux, Swiss pada Senin (1/7/2015) dalam acara "Excellence in Quality" The Prime Business Destination, Europe Business Assembly (EBA) mengundang tanya dari sejumlah warga Batam.

Banyak yang tidak percaya dengan penghargaan yang mendadak didapatkan. Bahkan sejumlah anggota DPRD Kota Batam terheran-heran dengan penghargaan tersebut. Mereka juga tak mengetahui sama sekali penghargaan yang telah diterima Ahmad Dahlan yang mewakili Pemko Batam tersebut. 

Saking penasarannya dengan penghargaan itu, seorang warga Batam, Erison, bahkan membuat testimoni dan berusaha mencari informasi soal itu.

Berikut testimoni Erison di jejaring sosialnya:

Saya kaget, kagum, bangga sekaligus terheran-heran membaca berita itu. Ini bukanlah penghargaan yang "sembarangan" atau "asal-asalan". Saya dan seluruh masyarakat Kota Batam bahkan Indonesia sunat hukumnya memberikan applause kepada Dahlan. Tapi, sebagai warga Batam sebelum memberikan applause saya merasa tergerak untuk menelusuri kebenaran pemberian penghargaan itu.

Berita yang dilengkapi dengan Photo Ahmad Dahlan yang sedang mengangkat thropy sendirian itu ternyata bersumber dari seorang pengguna medsos. Keraguan saya mulai muncul.

Saya langsung mencari informasi di http://www.ebaoxford.co.uk/, situs dari lembaga yang telah memberikan penghargaan itu. Setelah mengecek dengan berbagai cara, tidak ditemukan sama sekali tentang penghargaan itu. Bahkan kata kunci "batam" "ahmad dahlan" dan "Indonesia" sekalipun tidak ditemukan satu katapun di lembaga itu.

Saya juga mengecek apa sesungguhnya yang terjadi pada tanggal 1 July 2015 (tanggal pada saat penghargaan itu diberikan) di EBA. Ternyata benar, pada saat itu ada even Excellence in Quality, 1 July 2015, Montreux, Switzerland. 

Tapi mereka menjelaskan bahwa, ini adalah even pertemuan tahunan untuk para suplier barang dan jasa serta para profesional dalam peningkatan mutu. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberdayakan dan mendorong semua peserta agar secara aktif terlibat dalam presentasi dan diskusi tentang kualitas pelaksanaan.

Namun pada paragraf terakhir dari keterangan lembaga itu menyebutkan, akan ada upacara penghargaan yang akan menjadi penting dari acara tersebut. "Kita akan beritahukan pemenang penghargaan internasional yang bergengsi dan kehormatan terkemuka pada perusahaan dan kepala daerah untuk mereka yang luar biasa di bidang ekonomi, keberhasilan bisnis, kualitas dan kemajuan sosial. Tetapi, sama sekali tidak menyebutkan tentang Batam yang menjadi pemenang sebagai Kota Terbaik di Dunia itu,” ujar Erison.

Lalu pertanyaannya, mengapa berita itu begitu berbeda dengan yang ada di Batam? Dan, mengapa berita yang sangat prestisius ini tidak cetar membahana di Indonesia? Saat ini saya sedang menunggu klarifikasi dan konfirmasi lanjutan langsung dari EBA tentang berita yang beredar di media online Batam itu. Anehnya, mengapa berita media yang cukup besar itu justru bersumber dari seorang pengguna medsos saja?.

Hal penting untuk diklarifikasi sejelas-jelasnya, agar kita sebagai warga Batam dan Indonesia umumnya tidak selalu "dibohongi" oleh pejabat-pejabat yang gila pencitraan. Bila ini ternyata benar sebuah kebohongan belaka, maka ini adalah masalah yang sangat serius. Ahmad Dahlan sudah melakukan kebohongan publik yang sangat serius. Minimal ada masalah serius dengan moral kepemimpinannya.

Namun, kita semua harus fair. Bila ternyata penghargaan ini benar, maka respect dan applause yang sebesar-besarnya harus kita berikan kepada Ahmad Dahlan. Ternyata dalam dugaan "ketidakmapuannya" selama ini, dia adalah pemimpin yang bertangan dingin. Terlepas dari kredibilitas dan legitimasi lembaga yang memberikan penghargaan itu 

Mari kita tunggu kelanjutan klarifikasi dari Europe Business Assembly (EBA).

(Baca juga: Kota Batam Raih Penghargaan Kota Terbaik Dunia dari EBA)

Bagaimana komentar Anda setelah membaca ini? Apakah Anda setuju Batam merupakan "Kota Terbaik Dunia" mengalahkan kota-kota di Eropa dan belahan dunia lainnya.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews