Forum Anak di Lingga Berfungsi Jadi Wadah Aspirasi Pemenuhan Hak

Forum Anak di Lingga Berfungsi Jadi Wadah Aspirasi Pemenuhan Hak

Forum Anak Kecamatan Lingga dilakukan perpanjangan masa kepemimpinan pengurus (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah terus berkomitmen memenuhi hak anak sebagaimana yang diamanatkan konstitusi. Komitmen ini diperkuat dengan melibatkan peran anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Forum Anak sebagai mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. 

Forum Anak menjadi wadah pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. 

Seperti halnya di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Saat ini beberapa kecamatan di Negeri Bunda Tanah Melayu itu sudah terbentuk Forum Anak, sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini membuktikan bahwa adanya perhatian pemerintah daerah terhadap pemenuhan hak-hak anak.

"Pembentukan dan pengukuhan Forum Anak ini, untuk memenuhi salah satu hak partisipasi anak. Sesuai dengan Undang-undang Perlindunga Anak (UUPA) Nomor 35 tahun 2014 pada pasal 1 ayat (2)," kata Komisioner KPPAD Lingga, Drs Efendi kepada Batamnews usai melakukan perpanjangan masa jabatan Forum Anak Kecamatan Lingga, Selasa (6/8/2019) kemarin.

Ia menjelaskan, adapun peran dari Forum Anak tersebut yakni, sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi serta partisipasi anak-anak di Kabupaten Lingga khususnya kepada pemerintah daerah. Selain itu, Forum Anak juga memiliki peran penting dalam permasalahan terhadap hak-hak anak yang setingkat dibawah mereka.

"Forum Anak ini juga berperan untuk mensosialisasikan ke sekolah-sekolah seperti SD, SMP dan SMA tentang UU perlindungan hak anak ini. Sedang kan KPPAD, memiliki peran yang wajib untuk membina Forum Anak ini, agar anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan UU perlindungan anak yang sudah di atur oleh negara," ujarnya.

Forum anak menjadi bukti bahwa menjadi generasi emas adalah praktik baik yang harus dimaksimalkan di tengah tantangan pembangunan dan derasnya arus globalisasi yang syarat dengan pengaruh liberalisasi dan sekularisasi yang membabibuta.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews