Kebakaran Maut KMP Sembilang saat Proses Docking

Kemenhub Minta Galangan PT KMS Biayai Kerusakan KMP Sembilang

Kemenhub Minta Galangan PT KMS Biayai Kerusakan KMP Sembilang

Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub RI Irjen Pol Budi Setiyawan ditugaskan meninjau lokasi. (Foto: Edo/Batamnews)

Batam - Insiden terbakarnya kapal Roro KMP Sembilang di Karimun menjadi atensi pemerintah pusat. Pasalnya kapal BUMN itu terbakar saat proses docking di galangan PT Karimun Marine Shipyard (KMS).

Docking (pemeliharaan) kapal ini sebelumnya dilelang oleh Kemenhub dan dikerjakan oleh KMS selaku pemenang tender.

Tragedi yang terjadi di galangan tersebut Rabu (31/7/2019) lalu itu menelan 4 korban jiwa dan delapan orang dirawat. Mereka merupakan para pekerja yang sedang menuntaskan pengerjaan docking.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub- RI) meninjau kondisi KMP sembilang di Karimun, Minggu (4/8/2019).

 

Perwakilan Kemenhub meninjau KMP Sembilang yang terbakar saat proses docking.

 

Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub RI Irjen Pol Budi Setiyawan ditugaskan meninjau lokasi.

Budi menjelaskan, kapal itu merupakan kapal subsidi, di mana pembiayaan docking ditanggung keseluruhannya oleh pemerintah. "Pekerjaan ini sudah berlangsung cukup lama dan apabila melihat progres telah mencapai 80 persen," ujar Budi.

Dengan adanya kejadian ini, pihaknya tetap akan melakukan pembayaran terhadap pengerjaan yang telah dilakukan PT KMS, selaku pemenang tender.

Pihaknya juga meminta ganti rugi atas kerusakan yang terjadi dalam kejadian ini. Bahkan juga telah menelan korban jiwa.

"Kita minta surat tanda penyelesaiannya dan pasti akan dibayarkan. Namun terhadap kerusakan akibat kebakaran itu, saya minta pihak PT KMS membayar penuh kerugian seluruh kerusakan," katanya.

Budi juga menyebutkan, kedatangannya ke Kabupaten Karimun atas permintaan Menteri Perhubungan RI, untuk mengecek langsung kondisi KMP Sembilang.

Tim dari Kementerian Perhubungan RI langsung dipimpin Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiyadi dengan didampingi Direktur Transportasi sungai, danau dan penyeberangan (TSDP) Candra Irawan.

"Ini permintaan langsung dari pak Menteri Perhuhungan, untuk langsung turun melihat ke lokasi. Karena kebakaran di doking itu jarang, ini kok bisa terjadi, artinya ada persoalan menyangkut penerapan standar keselamatan dalam pekerjaan yang kurang atau dilanggar," kata Budi usai peninjauan di KMP Sembilang.

Irjen Pol Budi berharap kejadian ini tidak terulang kembali dan pihaknya sedang menunggu hasil pemeriksaan kepolisian atas kejadian kebakaran KMP Sembilang untuk mengetahui penyebab kejadian itu.

"Kita tunggu pemeriksaan kepolisian untuk penyebab kebakaran itu. Apakah disebabkan human error atau kurangnya pengawasan terhadap pengerjaannya," kata dia.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews