DP3KB Punya Cara Jitu Tingkatkan Kualitas Keluarga di Bintan

Peserta lomba Tribina Keluarga dan UPPKS diberikan pembekalan ilmu oleh DP3KB Bintan (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Bintan akan terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga masyarakat di Kabupaten Bintan.

Upaya itu dibuktikan dengan digelarnya lomba Tribina Keluarga yang meliputi Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Kemudian juga Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

"Melalui lomba ini juga diharapkan menjadi bekal untuk menciptakan keluarga yang mandiri dan memiliki SDM yang baik," ujar Kepala DP3KB Bintan, Mardhiah, kemarin.

Tribina Keluarga ini sangat penting dilakukan agar setiap lini kehidupan di dalam keluarga mendapatkan hak dan pembinaan yang baik. Seperti halnya BKB, akan diberikan ilmu dan pemahaman bagaimana mendidik dan membesarkan anak dengan cara yang tepat, sehingga tumbuh kembang anak terpenuhi.

Selanjutnya, BKR juga sangat penting terutama di era digital seperti saat ini. Kenakalan dan sisi negatif sangat mempengaruhi kehidupan remaja. Para orang tua wajib memiliki trik dan tips dalam mendidik anak remaja. Lakukan secara persuasif tanpa ada paksaan terlebih dulu.

"Intinya orangtua harus dibekali kemampuan juga agar dapat mengimbangi pola pikir remaja. Begitu juga dengan balita, orang tua harus paham membesarkan anak dengan tepat," jelasnya.

Lalu, BKL juga sangat penting agar para lansia tidak tersia-siakan atau terlantar di masa tuanya. Serta dapat menikmati hak kesehatannya.

"Sebagai ibu rumah tangga, dapat juga meningkatkan kesejahteraannya dengan melakukan berbagai usaha untuk menunjang masa tua," sebutnya.

Sedangkan UPPKS juga akan dibina, termasuk saat ini pihaknya sedang gencar melakukan peningkatan UMKM kuliner dan kerajinan tangan untuk dipasarkan di wilayah pariwisata.

"Untuk perlombaan Tribina dan UPPKS ini, diharapkan dapat menjadi ujung tombak sosialisasi di masyarakat. Namun mereka akan dibekali ilmu, baru kami lombakan agar pemahamannya lebih baik, nanti mereka akan menjadi kader-kader tribina dan UPPKS di kecamatannya masing-masing," ucapnya.

(ary)

SHARE US :