BPOM Batam Ajak Ibu-ibu di Lingga Hindari Mengolah Makanan dengan Pengawet

BPOM Batam Ajak Ibu-ibu di Lingga Hindari Mengolah Makanan dengan Pengawet

Pihak BPOM memperaktekkan cara mengetahui apakah ada kandungan berbahaya di dalam makanan (Foto:ist)

Lingga - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam, menggelar bimbingan teknis keamanan pangan untuk kader desa/kelurahan di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (25/7/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Fazinawati mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari dengan melibatkan kader dari tiga desa yakni, Desa Resang, Batu Kacang dan Tanjung Harapan.

"Kemudian pesertanya juga ada guru, kader PKK, ibu rumah tangga serta kader puskesmas. Kegiatan ini untuk mewujudkan keamanan pangan mulai dari diri sendiri dan keluarga," kata dia kepada Batamnews.co.id, Jumat (26/7/2019).

Para peserta antusias mengikuti kegiatan yang digelar BPOM Batam (Foto:ist)

Lanjutnya, kader-kader yang dilatih dalam kegiatan tersebut diharapkan mampu membina masyarakat desanya dalam keamanan mengolah makanan. Artinya, tidak menggunakan bahan berbahaya, seperti borak, pewarna, pengawet serta pemanis yang tidak dibenarkan.

"Pada kegiatan itu juga dilakukan praktek memeriksa makanan, apakah mengandung bahan yang tidak diperbolehkan dalam makanan atau tidak. Adapun tujuannya yakni, menyiapkan sumberdaya yang kompeten dalam melakukan pendampingan terhadap Implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa dan untuk melakukan pengawasan keamanan pangan di desa/kelurahan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Kacang, Suharkopeni mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap apa yang dilakukan itu dapat bermanfaat untuk warganya. "Semoga kader-kader dapat membantu keamanan kualitas pangan di Desa Batu Kacang," ucapnya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews