Puluhan Penyembelih Hewan di Tanjungpinang Dilatih Sembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat

Puluhan Penyembelih Hewan di Tanjungpinang Dilatih Sembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat

Penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 2018 (Foto : Asiik3)

Tanjungpinang - Sebanyak 25 orang penyembelih hewan di Tanjungpinang, mengikuti pelatihan tentang penyembelihan hewan kurban yang diadakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DP3) setempat. Pelatihan dilakukan mulai Selasa (23/7/2019) hingga tiga hari kedepan.

Peserta pelatihan merupakan utusan dari empat kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang. Mereka diberi pengetahuan (teori dan praktik) mengenai tata cara memotong hewan yang baik, hewan tidak mengalami penyiksaan, hingga kepada tata cara memilah daging.

Kepala DP3 Kota Tanjungpinang, Ahadi menjelaskan, pelatihan dilaksanakan dalam rangka persiapan hari raya Idul Adha, sekaligus pemberian sertifikasi kepada penyembelih hewan di Tanjungpinang. Kemudian, peserta juga dibimbing oleh narasumber dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Bogor.  

Menurut Ahadi, Bimtek ini dilaksanakan agar penyemblihan hewan kurban nantinya dapat melaksanakan penyembelihan sesuai syariat sehingga hewan yang disembelih aman dan halal untuk dikonsumsi.

"Ini supaya 25 utusan dari empat kecamatan yang ada di Tanjungpinang ini bisa memiliki kompetensi penyembelih hewan yang sehat dan halal," ujarnya.

Lanjut dia, para peserta pelatihan merupakan utusan dari masing-masing kelurahan berdasar kriteria. Salah satunya adalah sudah dipercaya melakukan penyembelihan.

"Walaupun sudah terbiasa, tapi mereka belum memiliki kompetensi," ucap Ahadi.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews