HUT Bhayangkara ke-73, Polda Kepri Tabur Bunga di Perairan Perbatasan Indonesia

Prosesi tabur bunga memperingati HUT Bhayangkara ke-73 di perairan perbatasan Indonesia. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Polda Kepulauan Riau menggelar upacara tabur bunga memperingati HUT Bhayangkara ke-73, Selasa (2/6/2019) pagi. Prosesi ini dilakukan di dua tempat, Taman Makam Pahlawan Bulan Gebang, Batam dan perairan perbatasan Indonesia.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto menngatakan tabur bunga di perbatasan Indonesia ini sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan, baik Polri maupun TNI.

Dipilihnya lokasi kegiatan tabur bunga di garis terdepan Indonesia ini karena dinilai besarnya sejarah yang pernah tercipta di sana.

"Di lokasi ini ada sejarah masa-masa awal kemerdekaan RI dulu. Untuk itu, kita sebagai generasi penerus harus mengingat jasa-jasa pahlawan kita," kata Andap di atas KP Yudistira usai menabur bunga bersama jajaran Polri, TNI dan stakeholder lainnya.

Andap pun meminta doa kepada seluruh anggota serta masyarakat agar Korps Bhayangkara selalu jaya untuk negara. 

Andap juga mengingatkan agar TNI-Polri dan Forkompida Tingkat I Kepri terus berkarya lebih baik kedepannya.

"Kami mohon ego sektoral dibuang. Kami juga ingin dikritisi demi perbaikan ke depan" ucapnya.

Sementara di Taman Makam Pusara Pahlawan Bulan Gebang, Batuaji, prosesi tabur bunga dipimpin oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri.

Dia mengatakan sebagai penerus bangsa atas perjuangannya para pahlawan kiranya tidak melupakan pengorbanan para pahlawan.

"Kita ini semuanya para penerus bangsa Indonesia dan jangan melupakan begitu saja jasa para pahlawan atas perbuatannya serta perjuangannya," kata Yan Fitri.

Bagi Yan Fitri, makna pahlawan merupakan sebuah sikap yang ditunjukkan oleh seseorang dalam rangka memberikan pengorbanan mencapai tujuan bersama dimana telah merebut kembali kemerdekaan serta mempertahankan dari setiap gangguan ancaman .

(ude/jim)