4 Nelayan Hanyut Hingga Selat Malaka Diselamatkan Lanal Karimun

4 Nelayan Hanyut Hingga Selat Malaka Diselamatkan Lanal Karimun

Lanal Karimun melalui anggota Pos AL Takong Hiu menyelamatkan nelayan yang hanyut akibat perahu mereka karam. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - TNI AL Karimun menyelamatkan empat nelayan asal Kabupaten Meranti, Riau. Keempatnya terombang-ambing usai kapal mereka karam. Mereka bertahan di laut lima jam dan hanyut hingga ke Selat Malaka, Minggu (23/6/2019).

Para nelayan ini sudah satu minggu melaut menggunakan kapal kayu bermesin 12 PK. Mereka awalnya diselamatkan oleh Tugboat TB Ocean Dream 07/BG LL 3015. Saat itu keempatnya terapung-apung bersama sisa-sisa material kapal.

Tugboat tersebut kemudian meminta bantuan kepada anggota Pos Angkatan Laut (Pos AL) di Pulau Takong Hiu.  "Petugas mendapat informasi bahwa adanya laka laut dan telah dibantu diselamatkan oleh Tugboat Ocean Dream," ujar Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Senin (24/6/2019).

Keempatnya adalah Alpius Wongga, Martinus Wongga, Rian dan Akam. Mereka semua berasal dari Pulau Rangsang, Meranti, Riau. Anggota Pos AL Takong Hiu melakukan penjemputan. Saat dievakuasi, keempatnya terlihat kelelahan dan lemas.

"Diduga, kapal nelayan itu ditabrak oleh kapal lainnya. Tapi kita akan melakukan pemeriksaan untuk memastikannya," ujar Danlanal.

Para nelayan ini akhirnya diinapkan di Pos AL Meral sebelum dipulangkan ke daerahnya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews