Bertahan 12 Jam di Laut, 4 Pemancing Tanjungpinang Nyaris Tewas

Bertahan 12 Jam di Laut, 4 Pemancing Tanjungpinang Nyaris Tewas

Keempat pemancing akhirnya dievakuasi Basarnas Tanjungpinang. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan -  Sampan yang diawaki empat pemancing asal Tanjungpinang terombang-ambing di laut selama 12 jam di Perairan Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir), Selasa (21/5/2019) pagi. Kondisi mereka sudah lemah.

Mereka adalah Muhammad Zulfahmi (27), Muhammad Azhlansyah (27),  Yolan Ramanda (26) dan Endrik (36). Keempat pemancing akhirnya diselamatkan oleh Jaslan, Petugas kawasan wisata Cempedak Resort di perairan antara Pulau Cempedak dan Pulau Poto.

Jaslan menceritakan bahwa dirinya yang pertama kali melihat ada 4 pemancing yang terombang ambing di atas kapal. Mereka meminta bantuan dengan melambaikan tangan.

"Kejadiannya Jam 09.15 WIB pagi. Kira saya nelayan, tapi saat saya perhatikan betul-betul 4 orang pemancing melambai tangan minta tolong," ujar Jaslan.

Lokasi kejadian itu berjarak 1 Km dari Cempedak Resort. Lalu dia mengajak rekan lainnya menuju ke tempat lokasi kejadian. Di sana dia melihat empat pemancing itu dalam kondisi lemah.

4 pemancing itu langsung dievakuasi ke atas kapal milik resort. Rekannya yang lain berusaha memperbaiki mesin kapal yang rusak tersebut.

"Kapal tersebut tidak bisa diperbaiki karena sudah rusak berat. Jadi kapal itu kami tarik ke darat (Cempedak ELResort)," jelasnya.

Setelah sampai ke Cempedak Resort, 4 pemancing tersebut diperiksa kesehatannya dan diberi makan dan minum.

Dari keterangan para pemancing, mereka melakukan aktivitas mancing dari Senin (20/5/2019) siang hingga malam di sekitar perairan Tanjung Elong.

Lalu, saat hendak pulang mesin kapal yang mereka tumpangi mati karena mesinnya rusak. Sehingga sudah hampir 12 jam terombang ambing di lautan.

Mereka juga berusaha menghubungi pertolongan, namun hingga pagi belum ada.

"Namun setelah kami selamatkan kami langsung serahkan ke Basarnas. Kemudian Basarnas datang dan menjemput mereka di Cempedak Resort," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews