Ciptakan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas, Dinsos Lingga Gelar UPSK

Ciptakan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas, Dinsos Lingga Gelar UPSK

Sekretaris Dinsos-P3A Lingga, Akhmad Syukri (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Sebagai upaya penanganan masalah sosial bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Lingga, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) setempat menggelar rapat persiapan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK), Kamis (20/6/2019).

Sekretaris Dinsos-P3A Lingga, Akhmad Syukri mengatakan, UPSK merupakan sarana pelayanan bergerak yang bersifat multidisipliner dan lintas sektor yang diarahkan untuk menjangkau penyandang disabilitas dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya sampai ke tingkat desa. Dengan tujuan dapat memperoleh pelayanan kesejahteran sosial sedini mungkin.

"Jadi, tujuan UPSK ini untuk memperluas jangkauan pelayanan kesejahteraan sosial secara lebih cepat, mulai dari kecamatan hingga desa," kata dia kepada Batamnews.co.id, usai rapat.

Syukri melanjutkan, adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan tersebut yakni, seluruh penyandang disabilitas yang ada di wilayah pelayanan UPSK. "Untuk pelaksanaan UPSK kali ini kita lakukan di Daik Lingga. Kegiatannya dilakukan pada tanggal 2-4 Juli mendatang. Kalau untuk di Dabo Singkep, sudah kami lakukan tahun lalu," ujarnya.

Ia mengaku, UPSK dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari para ahli dan praktisi pada bidangnya seperti psikolog, pekerja sosial, dokter, perawat dan pekerja sosial masyarakat. Diharapkan, kegiatan tersebut dapat mendorong dan merangsang semua unsur masyarakat agar aktif dalam penanganan penyandang disabilitas.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews