12 Polwan Awaki Kapal Polisi Canggih Amankan Perairan Kepri

12 Polwan Awaki Kapal Polisi Canggih Amankan Perairan Kepri

Para Polwan yang menjadi awak KP Yudhistira-8003. (Foto: Koko/Batamnews)

Batam - Ditpolairud Polda Kepri mendapat suplai kapal patroli polisi KP Yudhistira-8003 dari Mabes Polri. Menariknya, kapal ini akan diawaki 12 srikandi Polwan yang akan melaut menjaga perairan Kepri yang terkenal 'ganas' akan aksi-aksi penyelundupan selama ini.

KP Yudhistira-8003 punya panjang 73 meter dan lebar 11.35 meter berkecepatan 18 knot dengan daya jelajah tinggi. Serah terima dilaksanakan, Sabtu (15/6/2019).

Kakorpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Lothariya Latif memimpin langsung pelayaran perdana kapal ini dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju ke pelabuhan Batu Ampar, Batam.

"Kapal ini bermesin Cartepilar mampu menembus kecepatan 18 knot serta dilengkapi sejumlah peralatan canggih navigasi yakni radar arpha dan alat pendeteksi kapal Automator identification system (AIS), bow truster serta landasan helikopter," ujar salah seorang Polwan, kru kapal tersebut.

Beberapa anggota Polwan berjumlah 12 orang tersebut baru saja ikut bergabung sebagai kru kapal ini untuk menjalani pengenalan, pelatihan dan sosialisasi peralatan utama kapal untuk melakukan patroli.

(jim)