Sederet Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Lingga

Sederet Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Lingga

Salah seorang pengunjung sedang menikmati keindahan Pantai Payung yang ada di Desa Lanjut (Foto:dok.ully ariyanti)

Lingga - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau terkenal akan segudang objek wisata, baik alam, sejarah maupun budaya. Keindahan destinasi di Lingga tidak kalah dengan daerah lainnya di Kepulauan Riau.

Untuk sejarah dan budaya sendiri, Lingga menyimpan sejarah panjang Melayu. Bahkam, wilayah ini pernah menjadi pusat Kerajaan Melayu Lingga-Riau-Johor-Pahang.

Tidak hanya itu, Lingga juga memiliki banyak kreasi industri rumahan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Contohnya, Tudung Manto, Batik Lingga, kerajinan pandan, buluh, dan lidi kelapa, juga kerajinan dari kerang, remis, dan gonggong.

Nah buat kamu  yang ingin berlibur ke Lingga, berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi:

1. Masjid Jami Sultan Lingga

Masjid Jami Sultan Lingga menjadi masjid tertua di Lingga, mungkin yang tertua di Kepulauan Riau. Berada persis di tengah-tengah Kota Daik, masjid ini dibangun pada tahun 1800, oleh Sultan Mahmud Syah, Sultan Yang Dipertuan Besar Lingga-Riau-Johor-Pahang.

Hingga kini, masjid ini masih berdiri kokoh dan digunakan sebagai pusat peribadatan umat Islam di Kota Daik Lingga dan sekitarnya.

2. Situs Istana Damnah

Tapak-tapak sejarah Kerajaan Lingga di masa silam yang hingga kini masih bisa dinapaktilasi adalah Situs Istana Damnah. lstana ini disebut dibangun tahun 1860, pada masa pemerintahan Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (1857- 1883).

Fisik bangunannya berbentuk panggung, dengan dua buah pintu masuk dan empat buah tiang penyangga yang terbuat dari beton. Di depan istana, ada bekas pondasi bangunan Balairung Seri. Di masa silam, tempat ini difungsikan sebagai tempat musyawarah dan pertemuan-pertemuan penting.

3. Benteng Kuala Daik

Inilah benteng pertahanan lapis tiga. Perannya sentral bagi menjaga pertahanan Kerajaan Lingga di masa silam. Benteng Kuala Daik memiliki dua titik strategis yang dulunya difungsikan untuk meriam-meriam yang akan menyerang kapal-kapal musuh masuk ke kawasan teritorial kerajaan melalui mulut Sungai Daik.

Kawasan utama benteng, berada di sisi punggung pantai, menghadap tepat ke arah Laut. Satu lagi adalah Kubu Pertahanan Parit. Posisi ini berada di sisi kiri Muara Sungai Daik. Di sana, terdapat 16 meriam yang sebagian besar berukuran 2,5 meter.

4. Air Terjun Resun

Airnya bening bak kristal. tumpah ruah dari puncak, menimbulkan bunyi gemuruh saat hantamannya menyentuh permukaan berbatu di sisi paling bawah. Dentuman air itu jatuh tak berjeda.

Lalu mengalir tenang, menyemburkan kilau kehijau-hijauan saat diterpa sinar matahari yang menerobos di sela-sela rindang pepohonan. Begitulah suguhan yang bakal Anda dapat kalau menapaki air terjun bernama Resun yang berada di Dusun Resun, Kecamatan Lingga Utara.

5. Air Terjun Batu Ampar

Airnya yang bening dan mengalir deras dari puncak gunung adalah sebagian faktor yang menyebabkan air terjun Batu Ampar terus dikunjungi orang. Tapi, bukan itu saja daya tarik air terjun yang berada di Desa Air Salak ini. Ada panorama sekitarnya yang menawan. Posisi air terjun ini tepat berada di kaki Gunung Muncung.

6. Tugu Mini Khatulistiwa

Pernah membayangkan berdiri di atas bukit, di titik lintang nol derajat yang dilalui garis khatulistiwa? Anda tak perlu ke Bonjol, Pontianak atau Halmahera untuk mewujudkannya. Datanglah ke Lingga, tepatnya di Tanjung Teludas, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga.

Di sana, Anda akan temukan sebuah tugu yang oleh warga kerap disebut dengan tugu mini khatulistiwa. Tugu ini dibangun sebagai penanda bahwa wilayah tersebut merupakan titik lintang nol derajat yang dilalui garis equator.

7. Pemandian Air Panas Singkep

Ingin melepas lelah, berendam di air hangat sembari menikmati atmosfer hutan karet yang asri? Kunjungi Pemandian Air Panas yang   berlokasi di Kecamatan Singkep ini.

Dari pusat kota, lokasi pemandian air panas ini tak begitu sulit dijangkau. Di sana, penat Anda bakal terbayar. Sebab pemandian air panas ini memiliki air mengandung belerang yang bening dan bersih. Lokasinya pun sangat asri.

8. Pantai Batu Berdaun

Destinasi wajib kalau  bertandang ke Dabo adalah Pantai Batu Berdaun. Panorama yang ditawarkan memang yahud. Kalau berada di sana, Anda bakal terkesima oleh hamparan pasirnya yang luas membentang.

Garis pantainya, membujur panjang dua hingga tiga kilometer. Sepanjang tepiannya, tumbuh lebat pohon-pohon cemara yang sesekali selingi oleh pohon nyiur.

9. Pulau Sikeling

Pulau Sikeling adalah destinasi wisata bahari terdepan di Kabupaten Lingga. Bagi komunitas yacht dunia, Sikeling bukan nama asing. Bagaimana tidak, sejak delapan tahun belakangan, Pulau Keling, telah jadi titik labuh utama bagi event Neptune Regatta, sebuah lomba pacu yacht tahunan.

Sikeling menjadi home base bagi puluhan yacht dari berbagai belahan dunia. Sebab, selain berkontur ciamik, pulau ini memang dekat dengan perairan yang dilalui garis  khatulistiwa.

10. Pulau Benan

Pulau Benan berada di sisi Utara Kabupaten Lingga yang berjarak hanya  beberap mil dari gugusan Pulau Abang, Batam. Dulu, pulau ini dikenal dengan sebutan Pulau Paus lantaran bentuknya yang menyerupai ikan paus.

Pulau ini memiliki dua rupa, deretan rumah panggung milik warga di sisi Utara dan bentangan pantai berpasir putih di belahan Barat, sejak beberapa tahun belakangan, pulau cantik ini telah dilirik komunitas yacht. Dan, kini menasbihkan diri sebagai salah satu yacht playing ground terkemuka di Kepulauan Riau.

11. Pantai Payung

Pantai ini berada di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir. Objek wisata ini tergolong baru, namun keindahannya siap memanjakan siapa saja yang mengunjunginya. Lokasi pantai yang bersih ini ditunjang oleh beberapa fasilitas. Baik itu untuk berswafoto maupun istirahat sejenak.

12. Pantai Sergang

Tidak berpasir putih, namun kekuning-kuningan, Pantai Sergang yang berada di Kecamatan Singkep ini selalu menjadi pilihan warga maupun remaja di Dabo Singkep untuk menghabiskan akhir pekan dan waktu luang. Terlenih lagi, lokasinya berada tak jauh dari pusat kota.

Itu lah sederet objek wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Lingga. Namun, masih banyak objek wisata lainnya yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu yang juga bisa Anda kunjungi.

Tertarik berkunjung?

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews