Pelabuhan Batam Centre Tambah 8 Ekstra Trip Selama Liburan Akhir Tahun

Pelabuhan Batam Centre Tambah 8 Ekstra Trip Selama Liburan Akhir Tahun

Antrean penumpang di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. Pengelola pelabuhan menambah 8 ekstra trip .(Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Pelabuhan Internasional Batam Centre menambah 8 ekstra trip dalam menghadapi lonjakan penumpang saat libur hari raya Natal dan Tahun Baru. Ekstra trip ini mulai diberlakukan para agen-agen kapal.

Manager Operasional Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga mengatakan lonjakan penumpang sudah terjadi sejak minggu pertama bulan Desember. 

“Tanggal 2 Desember lalu sudah mulai terlihat lonjakan penumpang, bukan hanya menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru,” ujar Nika, Kamis (27/12/2018). 

Pada umumnya lonjakan penumpang terjadi dari Singapura menuju Batam. Sejak tanggal 23 dan 24 Desember sudah ada 8 ekstra trip. 

“Selain itu tanggal 31 Desember dan 1 Januari 2019 akan ada ekstra trip, agar dapat mengantisipasi lonjakan penumpang,” katanya. 

Lonjakan penumpang ini juga sudah mulai terjadi sejak awal Desember lalu, ada 10.562 orang. Lalu pada minggu kedua ada 12.089 orang dan minggu ketiga ada 13.575 orang. 

Dan tanggal 23 Desember lalu ada 10.595 orang, dan lonjakan penumpang paling tinggi terjadi pada tanggal 24 Desember yaitu 15.554 orang. 

“Tanggal 25 Desember kemarin terjadi sedikit penurunan,” jelasnya. 

Selain mempersiapkan ekstra trip kapal, pihaknya bersama TNI/Polri serta Dirpam membentuk pos komando taktis (poskotis) untuk pengamanan pelabuhan. 

Setidaknya ada 80 personel yang dikerahkan, serta ditambah 36 personel dari pihak keamanan pengelola pelabuhan. “Para personel sudah mulai disiagakan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru,” katanya. 

Kemudian juga dari segi sarana dan prasarana, Nika mengatakan pihaknya juga mulai melakukan pembenahan. Diantaranya dengan memperluas ruang tunggu penumang, mengganti penyejuk udara. 

“Kami juga perluas ponton dan selasar pelabuhan,” ucapnya.

(ret)
 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait