H-2 Lebaran, Arus Mudik di Pelabuhan Telaga Punggur Masih Normal

Koordinator Administrasi dan Pengendalian Operasional Terminal Domestik Telaga Punggur, Sohirnadi.

Batam - Puncak arus mudik di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur belum terlihat pada H-2 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. Padahal pengelola pelabuhan memprediksi puncak mudik terjadi hari ini, Senin (3/5/2019). 

"Harusnya hari ini (puncak) arus mudik ya, tapi sampai saat ini belum kelihatan arus mudiknya jadi di Telaga Punggur tahun ini kami belum bisa pastikan puncak arus mudiknya," kata Koordinator Administrasi dan Pengendalian Operasional Terminal Domestik Telaga Punggur, Sohirnadi. 

Menurut Sohirnadi jumlah penumpang tahun ini menurun jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. 

"Jauh banget bedanya bahkan tahun lalu ruang tunggu sampai tak muat," ungkapnya. 

Pelabuhan Domestik Telaga Punggur melayani penyeberangan dari menuju Sungai Tenam, Dabo, Tanjung Uban,  Tanjungpinang, Kijang, dan Moro. Hari hingga pukul 14.00, penumpang baru mencapai  2.300 penumpang, dengan total lebih dari 60 trip ferry dan speedboat. 

"Tapi kita tetap harus lihat jumlah penumpang juga ya, karena bisa jadi dulu pelabuhannya belum diperbaiki jadi terlihat padat. Dan setelah direnovasi pelabuhan semakin luas sehingga arus pemberangkat terlihat lancar," ujarnya. 

Jumlah penumpang yang tercatat di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur mulai 27 Mei hingga 3 Juni sebanyak 26.917 penumpang. Dengan jumlah terbanyak 1 Juni dengan jumlah penumpang 3.894 orang. 

"Kalau tak ada perubahan, besok diperkirakan puncaknya pelabuhan domestik," kata Kepala Pos Syahbandar Telaga Punggur, Komarudin. 

Namun jadwal puncak kepadatan Telaga Punggur yang pasti akan terjadi pada hari ke 2 lebaran. Dimana momen ini dimanfaatkan masyarakat Batam untuk berlibur ke Tanjungpinang.

(das)