Rekor Mudik, Jakarta - Semarang Cuma 5 Jam

Tol Trans Jawa. (Foto: Solo Pos)

Jakarta - Rekor baru, perjalanan mudik dari Jakarta ke Semarang hanya ditempuh selama 5 jam saja. Hal ini diungkapkan oleh Pengamat Perpajakan Yustinus Prastowo melalui akun resmi media sosial twitternya.

"Pak @jokowi , bagaimana ini? Saya mudik Cibubur-Semarang 6 jam, sudah termasuk dua kali istirahat di rest area. Apa nggak bisa lebih lambat gitu Pak?," tulisnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Yustinus mengatakan, perjalanan ini merupakan perjalanan tercepat dirinya sepanjang mudik ke Semarang. Waktu 6 jam ini bahkan setelah istrahat sekitar 1 jam di rest area.

"Saya berangkat pukul 05.30 WIB sampai 11.30 WIB, itu sudah termasuk berhenti 1 jam di rest area. Berarti perjalanan 5 jam saja," ujarnya.

Menurutnya, perjalanan lancar karena tol Trans Jawa yang sudah beroperasi penuh dan juga pengaturan lalu lintas, one way yang diberlakukan oleh Jasa Marga dan korlantas.

"Lancar karena memang di atur one way hari ini, pengaturannya bagus, di jalan tidak kepadatan, lancar," Yustinus yang juga menjabat sebagai Komisaris Wika Beton. 

Sedangkan, tahun lalu, tanpa tol Trans Jawa, perjalanan dari Jakarta ke Semarang ditempuh dalam waktu 15 jam atau 3 kali lipat dari waktu saat ini.

"Tanpa tol, sampai Cirebon aja 8 jam dan kalau sampai Semarang itu 15 jam, karena kemarin kan probelmnya (tol) belum nyambung, masih fungsional untuk Brebes-Semarang jadi perbaikan signifikan," kata dia. 

(*)