Layani Penukaran Uang Daerah Terpencil, BI Kepri Kerjasama dengan TNI AL

Layani Penukaran Uang Daerah Terpencil, BI Kepri Kerjasama dengan TNI AL

Foto: Margareth/Batamnews

Batam - Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Kepri bekerjasama dengan TNI AL melepas kas keliling BI di kepulauan terluar, terdepan dan terpencil (3T), Rabu (27/3/2019).

Pelepasan kas keliling itu ditandai dengan angkat jangkarnya kapal patroli KRI Lepu di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar.

Kapal ini akan berlayar selama lebih kurang 7 hari ke enam daerah di Kepri, Riau dan Sumatera Utara untuk melayani pertukaran uang rupiah di sepanjang pulau yang dilewati.

Adapun enam daerah yang dimaksud yaitu Tanjung Batu, Kundur, Selat Panjang, Bengkalis, Rupat dan Belawan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Asisten Operasional Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Pertama Yusup mengatakan kerjasama TNI AL dan BI dalam distribusi uang ini, telah berjalan selama 8 tahun.

"Kegiatan ini untuk menjangkau ke pulau-pulau terkecil yang sulit dijangkau. Saat ini juga sedang berjalan hal serupa di wilayah Jawa Timur," ujar Yusup.

Ia menyebutkan tahun lalu ada ada 85 pulau di Indonesia yang merasakan program ini. Seperti di Kepri, Jawa Timur, NTB dan lain-lainnya.

“Program ini selaras dengan tugas TNI sesuai Undang-Undang No.34 Tahun 2004 yaitu memberdayakan wilayah pertahanan laut,” kata dia.

Dengan ketersediaan uang yang memadai tentu sangat mendukung kegiatan ekonomi. Selain itu juga menjaga rasa nasionalisme masyarakat Indonesia di perbatasan.  "Semoga kegiatan ini bisa berjalan berkelanjutan," ucapnya.

Selain Wakil Asisten Operasional Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Pertama Yusup, hadir juga Direktur Pengelolaan Uang Kantor Pusat BI, Luctor E Tapiheru.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews