Puskesmas di Lingga Pastikan Pedagang Jual Jajanan Buka Puasa Layak Konsumsi

Puskesmas di Lingga Pastikan Pedagang Jual Jajanan Buka Puasa Layak Konsumsi

Petugas Dinkes dan Puskesmas Senayang mengecek keamanan jajanan takjil yang dijual warga (Foto:ist)

Lingga - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga bekerjasama dengan Puskesmas Senayang, melakukan pemeriksaan jajanan buka puasa (Takjil) disejumlah lapak di Kelurahan Senayang, beberapa waktu lalu.

Kepala Puskesmas Senayang, Lenny Hardianty mengatakan, pengecekan tersebut rutin dilakukan setiap bulan Ramadan. Tidak ditemukan jajanan takjil mengandung bahan berbahaya saat pengecekan tersebut.

"Semuanya aman," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Rabu (15/5/2019).

Meski dinyatakan aman, Lenny tetap mengimbau agar pedagang jajanan tersebut tidak menggunakan bahan berbahaya. Sehingga nantinya dapat merugikan konsumen.

"Kami minta pedagang mempertahankan keamanan bahan-bahan yang digunakan dan jangan tergiur jika ada yang menawarkan bahan-bahan yang berbahaya sebagai campuran untuk memproduksi makanan," ujarnya.

Pengecekan takjil juga dilakukan tim pengawasan kesehatan lingkungan (Kesling) dari Puskesmas Daik Lingga bekerjasama dengan Forum KKS Kecamatan Lingga di sejumlah jajanan takjil yang ada di beberapa titik di Daik, Selasa (14/5/2019).

Ketua Forum KKS Kecamatan, Srinawati mengatakan, pengecekan takjil ini merupakan bagian dari pengawasan terhadap makanan yang dijajakan sebagai menu berbuka puasa.

Ia menambahkan, pengawasan ini akan terus dilanjutkan. Ia berharap penjual bisa menggunakan bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi.

"Seperti penggunaan pewarna makanan itu kan diperbolehkan. Jadi gunakanlah bahan-bahan yang aman bagi kesehatan," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews