Penghitungan di TPS Hingga Dini Hari, Kotak Suara Baru Masuk ke Kecamatan Sei Beduk Siang Ini

Penghitungan di TPS Hingga Dini Hari, Kotak Suara Baru Masuk ke Kecamatan Sei Beduk Siang Ini

Sejumlah petugas menurunkan kotak suara dari TPS yang tiba di Kecamatan Sei Beduk. (Foto: Diah/batamnews)

Batam - Kotak suara dari sejumlah TPS berangsur mulai masuk ke Kecamatan Sei Beduk. Ratusan kotak suara ini tiba pada Kamis (18/4/2019) siang sekira pukul 13.00 WIB.

Sebelum sampai di kecamatan, kotak suara ini transit di kantor kelurahan, di wilayah Sei Beduk. Hal ini karena penghitungan suara di setiap kelurahan baru selesai menjelang pagi. 

"Saat ini semua kotak suara masih dalam proses di kecamatan tapi belum diturunkan, masih harus antre dulu, karena tenaga operasionalnya kan juga terbatas," kata petugas PPK Sei Beduk Rumissar Haro Rajagukguk.

Hingga saat ini mobil logistik kotak suara yang masih mengantre untuk masuk ke kecamatan. Padahal proses pengantaran kotak suara ke kecamatan sudah bisa dilakukan sejak pukul 08.00 pagi. 

"Yang sudah lengkap Mukakuning, ini Duriangkang baru diturunkan, dan Mangsang sedang mengantre penurunan, kalau Tanjungpiayu mengantre masuknya mobil," jelasnya. 

Menurut Rumisar, Tanjungpiayu memang menjadi kawasan perhatian khusus karena jarak antar-TPS yang berjauhan 

"Terutama Tanjungpiayu Laut karena jaraknya paling jauh untuk dipantau," ucapnya. 

Baca: Tumpukan Ribuan Kotak Suara Padati GOR Raja Jafar Tiban

Walaupun pengiriman kotak suara ke kecamatan belum selesai hingga siang hari, namun Rumisar memastikan jika dalam proses pemindahan kotak suara dari kelurahan ke Kecamatan Sei Beduk berjalan lancar. 

"Memang di Sei Beduk ini pengiriman kotak suara dari 236 TPS tidak bisa dibilang cepat juga, karena saya juga tifak tahu kecamatan lain kinerjanya seperti apa. Namun proses pengiriman aman semua," tegasnya. 

Untuk Sei Beduk, penghitungan suara kemungkinan akan dilakukan diantara tanggal 19 atau 20 April 2019. Hal ini karena hari ini dijadikan waktu istirahat bagi petugas pemilu yang sudah bertugas. 

"Peraturan dari PKPU kan pencoblosan tanggal 17, 18 harusnya libur baru pleno kalau antar 19 atau 20 April. Jadi diantara tanggal itulah kita akan mulai penghitungan. Tapi sebelumnya kita harus persiapkan dulu tempatnya," pungkasnya. 

Untuk jumlah personel penghitungan di kacamatan, PPK akan mengundang semua pihak untuk turut serta hadir sebagai saksi, termasuk saksi di TPS. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews