Musala Sebagai Destinasi Wisata

Guntur Sakti: Toilet Mall Saja Bersih, Musala Juga Harus Bersih

Guntur Sakti: Toilet Mall Saja Bersih, Musala Juga Harus Bersih

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Guntur Sakti, melakukan syukuran penataan musala yang berada di BCS Mall Batam, Selasa (16/6/2016) siang.

Guntur Sakti mengatakan, musala yang berada di pusat-pusat perbelanjaan adalah salah satu destinasi wisata yang harus diperhatikan.


"Musala di pusat perbelanjaan seperti di mall adalah salah satu destinasi wisata, maka dari itu harus kita tata supaya orang nyaman untuk beribadah," ujar Guntur.

Untuk tahun ini, sambungnya, pihaknya akan menata musala-musala yang ada di lima ma; di Batam, yakni BCS Mall, DC Mall, Kepri Mall, Mega Mall dan Nagoya Hill Mall.

"Setahun yang lalu, saya mendapat peringatan dari alim ulama dan mubalig Kepri. Apa yang bisa dilakukan sebagai Kadis Pariwisata untuk umat," katanya.

Dari sanalah, ia mulai melakukan penataan musala dengan kerjasama antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat. Seluruh pusat perbelanjaan harus sudah menata fasilitas musala sesuai standarisasi pariwisata.

"Di mall, toilet saja bersih jadi musalanya juga harus bersih," tuturnya.
 
Ia menyebutkan, saat ini di negara lain seperti Malaysia dan Philipina berlomba-lomba untuk memperbaiki destinasi wisata untuk musala. "Tahun ini kita melakukan lima percobaan, tahun depan kita akan menggarap musala yang ada di bandara dan hotel yang ada di Kepri," kata Guntur.

Guntur mengatakan, pihaknya akan memberikan insentif bagi siapa pun yang bertugas di musala mall.
 
 Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Batam Yusfa Hendri. Mall merupakan destinasi wisata yang paling utama saat ini, jadi musalanya harus tertata dengan baik.

Yusfa menambahkan, sangat mengapresiasi sekali apa yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kepri. "Karena musala adalah tempat ibadah, jadi harus ditata senyaman mungkin," tutupnya.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews