TPS 33 Bengkong Palapa Tegang, Warga Minta Pendataan Ulang

TPS 33 Bengkong Palapa Tegang, Warga Minta Pendataan Ulang

Sejumlah warga mengerumuni petugas KPPS di Bengkong Palapa lantaran tak bisa memilih akibat surat suara kurang. (Foto: Yogi/batamnews)

Batam - Ratusan warga Bengkong kecewa karena tidak bisa memilih pasalnya surat suara sudah habis, Rabu (17/4/2019). Kondisi itu terjadi di beberapa titik TPS Bengkong. 

Salah satunya yang terjadi di TPS 33 Bengkong Palapa, Batam. Puluhan warga tidak bisa memilih karena surat suara habis. 

"Tidak bisa lagi, katanya surat suara habis," kata Mita, salah seorang pemilih kepada Batamnews.co.id.

Salah seorang petugas TPS membenarkan, bahwa surat suara di TPS tersebut hanya 150 untuk yang terdaftar di DPT. Tetapi rupanya DPT tambahan atau pun khusus bertambah. 

"Yang ada di sini lah tidak biasa memilih," kata pria yang tidak mau namanya disebutkan itu. 

Terlihat puluhan orang berkerumun di TPS yang berada di tepi jalan tersebut. Begitu juga yang terjadi di Bengkong Sarmen TPS 17 ratusan orang terancam tidak memilih karena surat suara sudah habis. 

Surat suara yang tinggal hanya untuk 13 pemilih. Sedangkan puluhan warga lainnya menunggu tidak mendapatkan kertas surat suara. 

Petugas TPS 17 Bengkong Sarmen, Jeckson mengatakan, hanya 288 warga yang terdaftar sedangkan yang hadir melebihi. 

Ia melanjutkan setelah dikoordinasikan dengan TPS terdekat yakni TPS 18 dan 19 kejadian kekurangan surat suara juga terjadi.

"Kami akan bicarakan dengan KPU Batam lagi," katanya.

Kondisi TPS sempat ricuh pasalnya warga kecewa proses pemangilan nama tidak sesuai yang didaftarkan. "Saya sudah dari pagi tapi tak dipanggil," katanya. 

Sampai saat ini di TPS ini semakin tegang. Warga protes dan meminta pendataan ulang. Begitu juga terjadi di TPS lain.

Bengkong memang menjadi salah satu tempat berdampak karena surat suara untuk Batam yang ketinggalan pesawat. Diperkirakan hampir ribuan warga yang ingin memilih namun tidak bisa memberikan hak suaranya. 

(tan)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews