BMKG Sebut Lingga Mulai Akhiri Periode Kering

BMKG Sebut Lingga Mulai Akhiri Periode Kering

Ilustrasi

Lingga - Sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Lingga, hingga saat ini masih mengalami masa kering. Hujan yang turun pun hanya sesekali dengan intensitas sedang dan tak berlangsung lama.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu menyebutkan, ditinjau dari hasil jumlah curah hujan yang diukur tanggal 1-7 April 2019, saat ini mencapai 69,7 mm.

"Kita bandingkan dengan data normal 30 tahun, maka hujan bulan April dari tanggal 1-7, sudah dikategorikan dalam periode hujan (basah). Kalau ada daerah yang belum turun hujan, itu ada faktor letak dari geografis nya," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (10/4/2019).

Sahat menjelaskan, umumnya di Lingga saat ini sudah memasuki priode penghujan. Berdasarkan peta prakiraan angin lapisan 3000 feet, terdapat pola shearline (belokan angin) yang menyebabkan penumpukan massa udara.

Hal ini mendukung untuk pertumbuhan awan konvektif. Secara umum, kondisi cuaca diprakirakan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Alat ukur curah hujan di Lingga ini sangat minim, jadi kita sulit memantau daerah itu saat-saat bulan apa mengalami periode kering dan periode basah," ujarnya.

Meski demikian, Sahat mengaku kondisi saat ini masih aman untuk aktivitas laut. Baik itu untuk nelayan maupun penyedia jasa transportasi.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews