Kukuhkan Danposal Baru, Danlanal Dabo: Tugas TNI AL Semakin Berat

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman melakukan pengukuhan terhadap 7 orang Danposal baru (Foto:dok.lanal)

Lingga - Wilayah perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, merupakan lintasan jalur pelayaran internasional. Dengan begitu, perlu kerja ekstra untuk memberikan keamanan bagi para pengguna laut baik dari ancaman navigasi, tindak kekerasan di laut, serta kegiatan ilegal dan ancaman pencemaran laut.

Hal ini disampaikan Komandan Lanal (Danlanal) Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Arif Rahman saat memimpin upacara pengukuhan jabatan Komandan Posal di bawah jajaran Lanal Dabo, Senin (8/4/2019).

"Tugas dan tantangan yang dihadapi oleh TNI AL, ke depan akan semakin berat dan lebih bervariatif, tidak terkecuali Lanal Dabo. Maka, kerja keras dengan didukung oleh personel yang tangguh, memiliki kapabilitas, kemampuan dalam membaca situasi, serta mendeteksi setiap gangguan yang ada dan menindaklanjuti sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sangat perlu," kata dia.

Wilayah kerja Lanal Dabo yang meliputi seluruh wilayah kerja Kabupaten Lingga, memiliki keunikan tersendiri. Apabila dianalogikan, hampir sama dengan wilayah NKRI secara keseluruhan yaitu berupa kepulauan dengan 2/3 wilayahnya berupa perairan.

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman foto bersama usai pengukuhan Danposal baru di Mako Lanal Dabo (Foto:dok.lanal)

Tantangan yang dihadapi tentunya cukup beragam, mulai dari berbagai kegiatan ilegal di laut seperti penyelundupan, pencurian ikan, pencurian BMKT sampai dengan potensi konflik horizontal antar nelayan.

"Untuk itu kami dituntut untuk mampu berperan aktif dan ikut membantu dalam memberikan jaminan keamanan bagi para pengguna laut.  Diharapkan dengan adanya kesinambungan kepemimpinan dan progam kerja, dapat  menghasilkan kinerja yang lebih baik dan membanggakan dari waktu ke waktu," ujarnya.

Dengan demikian, sebelum melaksanakan tugas dan menempati Posal, Arif berharap Danposal yang baru, mendapatkan pembekalan dengan harapan agar saat melaksanakan tugas, mereka mempunyai bekal. Sehinga mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Kepada mantan Danposal, saya mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian selama mengemban tugas. Sekarang selamat kembali ke Lanal Dabo untuk bergabung dengan anggota di Mako Lanal Dabo," ucapnya.

Sementara itu, kepada para Danposal baru, Arif berharap dapat menunjukkan kinerja yang terbaik agar dapat menjaga citra positif TNI AL serta dapat berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja Posal.

Diketahui, adapun Danposal yang dikukuhkan pada kesempatan tersebut yakni, untuk penempatan Pos AL Penuba, Pancur, Senayang, Cempa, Tajur Biru, Pulau Lalang dan Pos AL Pulau Emas.

(ruz)