BMKG: Batam Berpotensi Hujan Hingga Akhir Pekan

BMKG: Batam Berpotensi Hujan Hingga Akhir Pekan

Ilustrasi.

Batam - Batam berpotensi hujan beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan-hujan bersifat lokal berpeluang terjadi hingga akhir pekan.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Nizam Mawardi menjelaskan, pertumbuhan awan konvektif saat ini menyebabkan wilayah Kepri pada umumnya akan diwarnai cuaca hujan dan petir.

"Untuk hujan lebat disertai petir dan angin kencang kami prakirakan sampai minggu ini masih berlangsung," kata Nizam, Rabu (3/4/2019).

Hujan lebat memang sudah mengguyur Kota Batam selama beberapa hari, setelah massa kemarau yang menyebabkan kebakaran-kebakaran laha  kota Batam. Intensitas turun hujan di Batam terbilang sangat sering dan hampir setiap hari. 

"Untuk di wilayah Kepri sendiri, pertumbuhan awan konvektif membesar sehingga peluang hujan disertai petir meningkat," ucapnya. 

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan musim hujan baru akan masuk ke wilayah Kepri pada Bulan Mei. 

"Kalau sekarang ini kita sebut masa temporary saja. Karena masih berpotensi terik sinar matahari, kalau musim hujan itu masuk di bulan mei nanti," ucapnya.

Suratman juga menjelaskan pada massa temporary ini, hujan yang turun beberapa hari ini pun juga dipengaruhi dengan cuaca yang terjadi di dataran Sumatera.

"Jadi pengaruhnya di Batam ini hujan, karena di dataran Sumatera juga sedang diguyur hujan. Jadi awan menebal," tutupnya. 

(das)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews