Hujan Lokal Diprediksi Guyur Bintan

Hujan Lokal Diprediksi Guyur Bintan

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi wilayah Tanjungpinang dan sekitarnya berpotensi hujan lokal, Kamis (28/3/2019).

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Diana Siregar mengatakan, wilayah pulau Bintan pada hari ini angin permukaan pada umumnya bertiup dari arah Utara ke Timur dengan kecepatan berkisar 05- 13 knot atau 05- 25 kilometer perjam.

"Saat ini sudah hujan mas, ada pusaran siklonik di sebelah barat Pontianak, nah itu salah satu yang memicu pertumbuhan awan konvektif siang ini mas," kata Diana Siregar.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat belokan angin di wilayah Kepulauan Riau dan pusaran siklonik di perairan Kalimantan bagian barat yang mempengaruhi konvektifitas antara atmosfer dan perairan di pulau wilayah Bintan.

"Sehingga mampu mampu memicu adanya pertumbuhan awan-awan konvektif, namun tiupan angin pada lapisan atas mampu menghambat pertumbuhan awan-awan konvektif penyebab hujan," jelasnya.

Sementara itu, katanya, sehingga diprakirakan kondisi cuaca wilayah Bintan dan Tanjungpinang yaitu berawan hingga hujan ringan yang bersifat lokal.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews