SAR di Perbatasan Harus Didukung Personel dan Sarana Mumpuni

SAR di Perbatasan Harus Didukung Personel dan Sarana Mumpuni

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Marsekal TNI Bagus Puruhito.

Tanjungpinang - Kinerja Basarnas harus didukung dengan profesionalisme yang tinggi. Khusus di daerah perbatasan, sarana yang mumpuni juga dibutuhkan dalam mendukung kerja lembaga ini.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Marsekal TNI Bagus Puruhito mengatakan, sebagai daerah perbatasan, Tanjungpinang dan Batam membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Dia menyebut, evaluasi mulai penambahan personel dan prasarana pendukung mulai dilakukan. 

"Jumlah personel perlu ditambah, evaluasi segala peralatan pendukung. Mengecek prasarana seperti helikopter apakah diganti yang lebih bagus, saya juga ke Batam melihat langsung pengerjaan kapal di sana," kata Bagus saat kunjungan kerja di Tanjungpinang, Selasa (26/3/2019).

Basarnas memesan dua unit kapal yang kini sedang dalam pengerjaan. Kapal itu memiliki diameter kelas 76, juga memiliki kemampuan memberikan bantuan ke kapal lain yang memerlukan seperti air dan bahan bakar layaknya seperti kapal komando. Dua unit kapal yang dipesan itu juga memiliki landasan untuk helikopter atau helipad. 

Namun pihaknya belum memutuskan pene,patan dua unit kapal itu setelah selesai pengerjaan, sebab saat ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) hanya memiliki dua unit kapal sebesar itu.

"Saaat ini baru dua, termasuk ini ada empat lah, nanti kami riset kembali posisi dimana penepatan kapal itu, saya kira Tanjungpinang sangat penting sebab berbatasan langsung dengan perairan negara luar, sehinga kemampuan kita baik personel dan peralatan harus diperhatikan, makanya saya kesini karena itu sangat penting," ujarnya.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews