Kodim 0317 Karimun Perkuat Deteksi Dini Amankan Pemilu 2019

Kodim 0317 Karimun Perkuat Deteksi Dini Amankan Pemilu 2019

Dandim 0316/TBK Letkol Arm Rizal Analdie memberikan pengarahan kepada jajaran TNI di Karimun. (Foto: istimewa)

Karimun - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah di ambang pintu. Pada 17 April mendatang, pesta demokrasi memilih presiden, senator dan legislatif digelar di Indonesia.

Kesiapsiagaan menyambut pemilu, ditunjukkan oleh pemangku keamanan di seluruh wilayah. Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun pun juga bersiap ikut mengamankan jalannya pesta demokrasi ini.

"Pemilu sudah di depan mata. Maka untuk mengantisipasi terjadinya konflik, kita kita perlu menyiapkan dan melatih kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai kemungkinan pada saat pelaksanaan pemilu," kata Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie dalam apel Siap Gerak Pasukan di Makodim 0317/TBK, Jalan Sudirman, Poros, Tebing, Karimun, Senin (11/3/2019).

Dia menegaskan TNI mempunyai tugas dan kewajiban dalam menjaga kedaulatan negara. Maka TNI berperan aktif dalam membantu Polri dan pemerintah daerah dalam menciptakan stabilitas keamanan.

Menyikapi hal itu, jajaran TNI diharapkan untuk melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi, yaitu dengan cara melakukan deteksi dini dan lapor cepat segala situasi yang terjadi.

"Lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi, kemudian lakukan tindakan pencegahan sesuai prosedur hukum yang berlaku," ucap Rizal.

Dia mengingatkan, dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu serentak harus sesuai dengan Rule of Engagement (RoE), tentang bagaimana TNI memberikan bantuan kepada Polri.

"Pasukan pengamanan Pemilu Serentak Legislatif dan Presiden Siap Gerak sesuai dengan permintaan dari Kepolisian," kata dia.

(aha)