Amsakar Pastikan Stok Pangan Terkendali Ramadan

Amsakar Pastikan Stok Pangan Terkendali Ramadan

Wawako Batam, Amsakar Achmad. (Foto: Batamnews)

Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad memastikan stok pangan di Kota Batam aman jelang Ramadan hingga Idul Fitri tahun ini.

"Ada sekitar 20 komoditi strategis di daerah tidak ada persoalan," ujar Amsakar, Jumat (21/3/2019).

Ketersediaan pangan tersebut sebelumnya sudah dibahas dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Walaupun begitu, tanaman hortikultura mendapat perhatian lebih, seperti cabai dan sayur-sayuran.

"Karena bergantung kepada musim, dan keadaan itu bukan hanya Batam saja, tapi berlaku juga bagi hampir seluruh daerah di Indonesia," katanya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Amsakar juga menyebutkan bahwa Batam mempunyai program bazar sembako hingga sembako murah dari TPID. Selain itu juga ada bazar sembako dari badan usaha lainnya.  "Ketiga program tersebut terintegrasi dengan baik," jelasnya.

Terkait kelanjutan kerjasama dengan Provinsi Jambi mengenai distribusi pangan, Amsakar mengatakan itu menjadi perjanjian bussiness to bussiness antara sesama pelaku usaha. "Pada prinsipnya, pemerintah hanya memfasilitasi saja," jelasnya.  

Selain itu, ia juga menyampaikan pada Januari sampai Februari lalu mengalami sedikit pengaruh pada inflasi daerah. Hal itu diakibatkan kenaikan harga tiket angkutan udara dan bukan bahan makanan.  "Tapi sekarang kurva sudah kembali normal," kata dia.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews