Lingga Berpotensi Hujan Lokal Beberapa Hari Kedepan

Lingga Berpotensi Hujan Lokal Beberapa Hari Kedepan

Ilustrasi

Lingga - Sejak beberapa pekan belakangan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau tidak diguyur hujan. Sehingga, sejumlah daerah yang minim sumber air banyak yang kekeringan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, berdasarkan hasil pantauan dinamika atmosfer, potensi hujan ada.

Namun potensi pertumbuhan awan konvektif menjadi berkurang dikarenakan kelembaban udara pada lapisan atas yang masih cenderung rendah.

"Untuk beberapa hari ke depan ada potensi hujan lokal dan tidak merata untuk seluruh wilayah Kepulauan Lingga," kata Sahat kepada Batamnews.co.id, Kamis (21/3/2019).

Terbukti, beberapa hari yang lalu, yakni tangga 12 dan 17 Maret di wilayah Singkep dan sekitarnya mengalami hujan lokal.

"Kalau untuk kita di Lingga, masuk bulan Mei nanti merupakan puncak ke-I di tahun 2019. Berdasarkan data 30 tahun, adalah intensitas hujan tinggi," katanya.

Akibat tidak turunnya hujan sejak beberapa pekan terakhir, wilayah pulau dan pesisir bahkan ibu kota Kabupaten Lingga, Daik kesulitan mendapatkan air bersih. Air yang dialiri oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lingga pun tak berjalan maksimal.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews