Mulai Bulan Depan, 25.864 Warga Karimun Peroleh JKN Gratis

Mulai Bulan Depan, 25.864 Warga Karimun Peroleh JKN Gratis

Ilustrasi.

Karimun - Pemerintah Kabupaten Karimun mendaftarkan 25.864 warga menjadi penerima bantuan iuran (PBI) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Karimun. 

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) gratis bagi warga kurang mampu itu, diperkirakan akan terealisasi April mendatang dan sudah diaktifkan. 

"Diperkirakan April kartunya sudah keluar, pihak BPJS sudah komitmen dengan kami," kata Kepala Dinkes Karimun, Rachmadi, kemarin.

Dari jumlah yang telah didaftarkan tersebut, terdiri dari barbagi ketegori dan usulan, baik dari Basis Data Terpadu (BSD) Dinas Sosial serta lainnya.

Dari data yang didapat, jumlah Basis Data Terpadu (BDT) Dinas Sosial (Dinsos) Karimun sebanyak 12.705 orang. Lalu masyarakat di luar BDS usulan Dinsos sebanyak 1.430 orang.

Kemudian, warga miskin yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu (JPKM) sebanyak 8.229 orang dan warga penderita penyakit kronis (FKTP/FKTL) sebanyak 11 orang.

Lalu, dari kader Posyandu, pengurus PKK, Ketua RT, Ketua RW usulan kecamatan sebanyak 3.489 orang. Serta, sebanyak 2.619 warga yang telah lama menjadi penerima bantuan layanan kesehatan gratis dari Dinkes Karimun. 

"Data awalnya sebanyak 80.337 orang, setelah dipairing, diperoleh angka 25.864 orang," ucap Rachmadi.

Nantinya, warga penerima bantuan iuran itu akan memperoleh layanan kesehatan gratis kelas 3 dengan besaran bantuan iuran sekitar Rp 25.500 per bulan.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews