Musrenbang Karimun Prioritaskan Empat Program

Musrenbang Karimun Prioritaskan Empat Program

Wakil Bupati Anwar Hasyim memukul gong menandai dimulainya Musrenbang Kabupaten Karimun. (Foto: istimewa)

Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun tahun 2019, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Nilan Sari, Kantor Bupati Karimun selama tiga hari yakni dari tanggal 13-15 Maret 2019.

Pada Musrembang tahun 2019 kali ini, ada empat poin menjadi fokus pemerintah untuk pembangunan.

Yang paling utama ialah pemerataan infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup, lalu peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola birokrasi yang baik, kemudian pengembangan investasi dan ekonomi kerakyatan dan peningkatan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan serta pengembangan pariwisata.

"Dalam penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 terdapat perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan tata cara penyusunan rencana pembangunan pada tahun-tahun sebelumnya," kata Rafiq usai membuka musrenbang.

Selain itu, Pemkab Karimun juga telah melaksanakan perancangan pembangunan yang berbasis elektronik atau e-planning.

"Hal ini proses perkembangan zaman dan teknologi untuk melaksanakan rencana aksi yang telah sama-sama kita sepakati dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ujar dia.

Dengan penerapan rencana pembangunan berbasis elektronik ini diharapkan proses perencanaan akan lebih tertib. Karena akan mengikuti sistem standar prosedur dan ketepatan waktu yang telah terprogram sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

"Ini bersifat transparan dan terbuka karena dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat dan institusi yang memiliki kewenangan dalam hal pengawasan. Sehingga, perencanaan yang kita lakukan menjadi lebih tertib dan jauh dari penyimpangan-penyimpangan," kata Rafiq.

Setelah Musrenbang resmi dibuka oleh Bupati Karimun, dilanjutkan dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasym, yang disaksikan oleh kepala OPD dan FKPD Karimun.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews