Semarak Dies Natalis ke-21 STIE Pembangunan Tanjungpinang

Semarak Dies Natalis ke-21 STIE Pembangunan Tanjungpinang

Festival band menjadi bagian kesemarakan Dies Natalis ke-21 STIE Pembangunan Tanjungpinang. (Foto: Adi/Batamnews)

Tanjungpinang - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang menggelar berbagai kegiatan dalam perayaan Dies Natalis ke-21.

Kegiatan tersebut diantaranya perlombaan, mulai dari olahraga, musik, bazar ekonomi, cerdas cermat, lomba karya tulis dan lainnya.

Ketua Umum Pelaksaan Kegiatan yang juga Sekretaris Prodi Akuntansi, Hendy Satria mengatakan, STIE Pembangunan Tanjungpinang menggelar berbagai kegaiatan perlombaan di bidang akademik dan non akademik.

"Setiap tahun juga kami menggelar kegiatan perlombaan, tapi kali ini kami kemas di segala bidang, jadi mahasiswa bisa mengikuti di hobi mereka masing-masing. Kan tak semuanya hobi mereka sama," kata Hendy Satria, Senin (4/3/2019). 

 

 

Perlombaan ini tak hanya untuk mahasiswa STIE Pembangunan Tanjungpinang saja, tapi juga melibatkan kampus-kampus di Tanjungpinang dan sekolah-sekolah. 

"Jadi kebahagian dalam rangka Dies Natalis ke 21 ini tak hanya dirasakan keluarga STIE saja, tapi universitas lainnya dan masyarakat juga merasakan," ujarnya. 

Ia menyebutkan, kegiatan perlombaan ini berlangsung selama tiga bulan, dan acara puncaknya pada Sabtu (2/3/2019) lalu.

"Kami juga melibatkan para pelaku UKM untuk membuka stand berjualan, masyarakat cukup antusias berkunjung di acara kita," sebutnya.

Hendy menambahkan, STIE Pembangunan Tanjungpiang membentuk suatu wadah atau organisasi internal kampus untuk membimbing mahasiswa dibidang ekstrakurikuler. 

"Kami merangkul mahasiswa yang berminat di bidang non akademik. Kemarin juga kami gelar studi tour ke Universitas Politeknik Ibrahim Sultan Johor," katanya.

Ketua Panitia Bazar Ekonomi, Rachmad Chartady, SE.M.AK selaku Dosen Kewirausahaan mengatakan, bazar ekonomi itu digelar bertujuan untuk mengasah kemampuan jiwa Entrepreneurship mahasiswa, agar menjadi mahasiswa yang mandiri dan handal di dunia usaha.

"Selama ini para mahasiswa sudah diberikan teori-teori, prateknya melalui bazar ini lah, agar jiwa enterpreneurship mahasiswa bisa tumbuh dengan baik," kata Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, Rachmad Chartady.

Menurut Rachmad, jumlah pencari kerja setiap tahun semakin bertambah. Tingkat pendidikan ternyata tidak memberikan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Kenyataan menunjukkan banyak pencari kerja yang bergelar sarjana. Di sisi lain, lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas.

 

 

"Bazar ekonomi ini salah satu cara merubah mindset mahasiswa dan menanamkan jiwa kewirausahaan, sehingga mahasiswa ini mempunyai jiwa dan mental berwirausaha, menciptakan lapangan kerja buat dirinya sendiri maupun untuk orang lain," ucapnya.

Ia mengatakan, STIE Pambangunan merupakan satu-satunya kampus ekonomi di Tanjungpinang yang memiliki peran penting dalam membantu perekonomian di Tanjungpinang. Untuk itu pihaknya berencana mengelar bazar di setiap kecamatan.

"Selain mengubah mindset mahasiswa juga membantu perekonomian masyarakat. Jadi ekonomi tak hanya di satu titik saja," ujarnya.

Adapun rangkaian perlombaan dan acara digelar Dies Natalis yang ke 21 yakni, lomba Badminton, Tenis Meja, Basket, Futsal, Festival Musik, Nyanyi Lagu Melayu, DAI Kampus, Vlog, Karya Tulis Ilmiah, Baca Puisi, Panduan Suara, Fotografi, Desain Grafis, Cerdas Cermat , Tari dan Bazar Ekonomi.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews