BMKG Imbau Nelayan Tradisional Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Imbau Nelayan Tradisional Waspada Gelombang Tinggi

Nelayan tradisional (Foto:hetanews)

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, mengimbau agar pengguna serta penyedia transportasi laut termasuk nelayan tradisional dapat berhati-hati saat beraktivitas. Pasalnya, gelombang diprediksi akan tinggi beberapa hari kedepan.

"Waspada gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah perairan Kepulauan Lingga. Hati-hati bagi masyarakat nelayan tradisional yang hanya menggunakan perahu kecil," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Jumat (1/3/2019).

Ia menjelaskan, berdasarkan prakiraan untuk cuaca wilayah perairan Kepulauan Lingga tiga hari kedepan, umumnya berawan hingga hujan lokal atau ringan. Sedangkan arah angin dan kecepatan dari Utara hingga Timur, 0,2-18 km/jam, pada malam hari 0,2-29 km/jam.

"Arus permukaan cukup kencang 40 cm/detik arah angin dari Timur Laut. Kalau untuk gelombang, tinggi kisaran 0,1-1,5 meter," ujarnya.

Kondisi tersebut terjadi karena adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau. Ini juga berpengaruh untuk wilayah Kepulauan Lingga, yang menyebabkan penumpukan massa udara.

"Secara umum kondisi cuaca untuk tiga hari ke depan diprakirakan berawan hingga hujan lokal.
Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara," kata Sahat.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews