Puskesmas Dabo Unggulkan Program Nawacita Presiden

Puskesmas Dabo Unggulkan Program Nawacita Presiden

Ilustrasi

Lingga - Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, telah menyiapkan beberapa program kesehatan untuk diterapkan kepada masyarakat. Salah satu yang menjadi unggulan yakni, program Indonesia sehat yang merupakan program prioritas nasional.

Program itu juga tercantum dalam nawacita presiden, dengan melalui pendekatan keluarga. Pendataan keluarga itu sendiri akan selesai pada bulan ini, terhadap 12 indikator keluarga sehat.

"Data yang diperoleh akan diolah untuk mendapatkan indeks keluarga sehat," kata Kepala Puskesmas Dabo Lama, dr Yan Cahyadi Anas kepada Batamnews.co.id, Senin (25/2/2019).

Ia menjelaskan, jika ada keluarga yang termasuk indeks keluarga tidak sehat akan dilakukan intervensi dengan komunikasi perubahan perilaku. Dari perilaku tidak sehat menjadi perilaku sehat.

"Sebagai contoh, ada keluarga yang anggota keluarganya menderita hipertensi akan kita lakukan komunikasi perubahan perilaku, agar rutin minum obat anti hipertensi dan berprilaku sehat dengan mengurangi makanan asin dan berlemak," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata dia keluarga yang mengidap hipertensi juga perlu melakukan aktivitas fisik. "Semua ini dilakukan dengan kunjungan rumah, kita mendatangi ke rumah warga satu per satu," katanya.

Diketahui, adapun 12 indikator keluarga sehat yang dipantau dan terus digerakkan perubahannya terhadap keluarga di Kabupaten Lingga, yaitu mengikuti program KB, ibu bersalin di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi lengkap serta bayi mendapat ASI eksklusif.

Kemudian, balita mendapat pemantauan pertumbuhan, penderita TB mendapat pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapat pengobatan dan tidak ditelantarkan serta anggota keluarga tidak ada yang merokok.

Dengan begitu, maka diharapkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Lingga bisa meningkat.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews