Saptono Minta Pemprov Perhatikan Rumah Sakit di Lingga

Saptono Minta Pemprov Perhatikan Rumah Sakit di Lingga

Anggota DPRD Kepri, Saptono Mustaqim (Foto:Yogi/Batamnews)

Tanjungpinang - Anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Saptono Mustaqim meminta pemerintah Provinsi Kepri memperhatikan kondisi fasilitas kesehatan di Kabupaten Lingga. Pasalnya, hal ini merupakan keselamatan hajat orang banyak.

Saptono melihat, kondisi Kabupaten Lingga masih jauh tertinggal dari daerah Bintan dan lainnya. Tidak hanya dari segi pendidikan tetapi juga kesehatan.

"Kondisi rumah sakit contohnya sangat minim fasilitas di Lingga," kata Saptono saat ditemui Batamnews.co.id, di Gedung DPRD Provinsi Kepri, Senin (25/2/2019).

Ia mengatakan, sebagai Anggota DPRD Provinsi Kepri dapil Bintan dan Lingga, ia melihat kondisi rumah sakit di Lingga sangat memprihatikan. Bahkan untuk beberapa pasien yang mempunyai penyakit tertentu harus dirujuk ke Tanjungpinang.

"Memberi surat rujukan memang mudah, tetapi perjalanan ke Tanjungpinang itu yang jauh," ucap mantan Wakil Bupati Lingga priode pertama ini.

Menurut Saptono, kondisi tersebut tentu sangat membahayakan keselamatan pasien. "Kondisi itu membuat keselamatan tidak terjamin," ujar dia yang baru di lantik beberapa waktu lalu.

Melihat kondisi tersebut, Saptono meminta adanya upaya untuk menaikan satatus rumah sakit di Lingga. Supaya semua keperluan masyarakat ada di rumah sakit tersebut.

"Lingga masih jauh ketinggalan, bayangkan saja, kalau pasien gagal dibawa dan tentu meninggal," katanya.

Kondisi itu lanjut Saptono, masih di lingkupan pusat Kabupaten Lingga, belum lagi kondisi masyarakat yang berada di pulau-pulau kecil.

"Manurut saya upaya peningkatan kelas ini dominannya tangungjawab di Pemerintah Provinsi Kepri," kata dia.

(tan)