Persiapan KPU Kepri Makin Matang Jelang Pemilu 2019

Ketua KPU Kepri Sriwati memaparkan kesiapan mereka menggelar Pemilu 2019. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Batam - Persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang sudah semakin matang. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan KPU sebagai penyelenggara. 

Melalui live talkshow yang diselenggarakan Batam FM, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Sriwati mengatakan ada beberapa indikator untuk mendukung pesta demokrasi tersebut. Diantaranya anggaran, personel maupun logistik. 

“Sejauh ini sudah 95 persen, logistik berupa surat suara sudah didistribusikan,” ujar Sri, di Hotel PIH Batam Center, Kamis (14/2/2019).

Logistik lainnya berupa tinta dan hologram dari KPU RI sudah sampai pada KPU tingkat provinsi dan kota atau kabupaten. 

Pihaknya juga sedang menyiapkan formulir, saat ini sudah dilakukan kontrak dan akan dimulai proses produksinya, setelah itu akan didistribusikan. 

“Kalau KPU tingkat kabupaten/kota hanya menyiapkan alat kelengkapan bantalan, alat pencoblos,” katanya. 

Selain itu indikator lainnya berupa pengamanan pada saat persiapan menuju dan sampai pemilu berakhir. Dari KPU RI juga sudah ada kerjasama dengan pihak kepolisian ataupun TNI. 

Terakhir mengenai pemilih, jika indikator lain sudah dilengkapi maka selanjutnya yang terpenting para pemilih dapat menggunakan hak konstitusinya. 

“Harapan kami kepada bapak/ibu atau saudara sekalian bisa menggunakan hak pilihnya,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batam Syahrul Huda mengatakan bahwa sampai saat ini persiapan untuk Pemilu mendatang berjalan lancar. 

Proses distribusi surat suara juga tidak mengalami kendala, hanya saja ekspedisinya sedikit terlambat dari jadwal yang diterima. 

“Sejauh ini masyarakat terlihat antusias, kami juga ditargetkan 77,75 persen dari data pemilih dapat tercapai,” ujar Syahrul pada kesempatan yang sama. 

Station Manager Batam FM, Sri Suyanti menambahkan bahwa pihaknya sebagai salah satu media ikut mensukseskan penyelenggaraan pemilu, salah satunya dengan kegiatan live talk show tersebut. 

“Narasumber yang kami undang semuanya hadir, sehingga informasi yang diberikan dapat langsung diterima,” ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, talk show disiarkan secara langsung melalui Batam FM secara interaktif.

(ret)