Jutaan Lembar Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Batam

Jutaan Lembar Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Batam

Tumpukan kardus berisi surat suara pemilu 2019 yang tiba di Kantor KPU Batam. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menerima distribusi surat suara untuk Pemilu 2019 yang dikirimkan oleh KPU Pusat.

Total ada 3.326.473 lembar surat suara yang berada di dalam 4.997 box kardus tiba di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekupang, Batam, Rabu (13/2/2019) siang.

Ketua KPU Kota Batam, Syahrul Huda mengatakan, jumlah surat suarayang diterima berdasarkan manifes yang diterima oleh KPU Batam dari pihak ekspedisi.

Syahrul Huda juga melanjutkan, total dari semua jumlah tersebut telah termasuk dengan surat suara Pemilu ulang.

Dalam proses kedatangan surat suara di kantor KPU, di sana juga diawasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pihak kepolisian sebagi saksi. 

Namun untuk membuktikan validitas jumlahnya, KPU harus mengeceknya terlebih dahulu dengan membongkar dan menghitung satu persatu box surat suara. Butuh waktu dua hari kedepannya untuk menuntaskan pengerjaannya.

"Persoalan nanti apakah itu dikirim kembali atau tidak jika memang fisiknya yang rusak pasti tidak dipakai. Namun. kemungkinan surga suara ini masih akan berdatangan, karena proses penyempurnaan data pemilih masih berjalan, ada DPK dan DPTb, apalagi pengajuan di awal berdasarkan TPS 2.931, tapi nanti kita lihat dulu fisiknya bagaimana," ujar Syarhul Huda.

Syahrul Huda melanjutkan, apabila ditemukan surat suara yang rusak atau jumlahnya tidak sesuai saat dilakukan pengecekan, maka pihaknya akan membuat berita acara pernyataan fisik.

Berita acara tersebut akan ditandatangani secara bersama oleh KPU, Bawaslu, kepolisian dan tim ekspedisi pengiriman.

"Harus jelaskan. Jadi harus kita pastikan dulu jumlah yang datang ini sesuai dengan manifes. Jika tidak sesuai, maka akan kita buatkan berita acara,” ucapnya.

(ude)


Berita Terkait