Puluhan Ribu Wisman Kunjungi Bintan, Kamar di Lagoi Penuh

Puluhan Ribu Wisman Kunjungi Bintan, Kamar di Lagoi Penuh

Wisman berdatangan ke Lagoi merayakan libur Imlek (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Perayaan Imlek 2570 ini membuat kamar di seluruh penginapan di Kawasan Pariwisata Lagoi penuh. Bahkan ribuan wisatawan yang datang ke Lagoi dialihkan penginapannya ke Pantai Trikora dan Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal ke Bintan mencapai 30 ribuan orang.

"70 persen berasal dari wisatawan mancanegara sedangkan sisanya 30 persen dari lokal," ujar Wan Rudi kepada Batamnews.co.id, Rabu (6/2/2019).

Membludaknya kunjungan wisatawan mancanegara ini dikarenakan perayaan Imlek. Sehingga mereka menikmati liburan panjang di Bintan dari 5-9 Februari mendatang.

Kamar yang tersedia di seluruh Kawasan Pariwisata Lagoi tak mampu menampung wisatawan mancanegara yang berlibur di sana. Akibatnya sebagian dari mereka memilih menginap di luar Lagoi.

"Wisatawan mancanegara ke Lagoi menumpangi feri dari Singapura. Mereka berlibur di Lagoi sampai Sabtu (9/2/2019). Akibatnya kamar di Lagoi full sehingga dioper ke hotel-hotel di Trikora dan Tanjungpinang," katanya.

Khusus wisatawan lokal atau domestik kebanyakan dari Kota Batam. Mereka datang ke Bintan tidak sekedar liburan saja tetapi juga pulang kampung untuk merayakan Imlek.

Sebagian dari wisatawan lokal itu adalah perantauan orang Tionghoa. Sehingga jumlah kunjungan mereka masih relatif stabil seperti hari liburan akhir pekan biasanya.

"Mereka dari Batam pulang kampung ke Tanjunguban, Kijang dan Tanjungpinang melalui Pelabuhan ASDP maupun Bulang Linggi di Kecamatan Bintan Utara," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews