Dinas Perikanan Bangun Tambak Skala Rumah Tangga di Lingga Tahun Ini

Dinas Perikanan Bangun Tambak Skala Rumah Tangga di Lingga Tahun Ini

Ilustrasi tambak semi intensif (Foto:lampost)

Lingga - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan membangun tambak udang semi intensif skala rumah tangga untuk 6 desa di Lingga pada tahun 2019. Adapun luas tambak yang dibuka hanya 500-1000 meter persegi di masing-masing desa.

Kepala Diskan Lingga, Kasiman melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya, Romi Subanu mengatakan, tambak semi intensif merupakan salah satu teknik budidaya udang. Tambak ini dapat dilakukan di lahan sedang atau tidak terlalu luas serta tidak membutuhkan biaya yang telalu tinggi.

"Tahun ini, kami akan membuat tambak semi intensif di 6 desa, yakni di Desa Tinjul, Panggak Laut, Kudung, Sungai Pinang, Sungai Besar, dan Resun Pesisir," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (6/2/2019)

Romi menjelaskan, pembuatan tambak ini dilakukan untuk membantu masyarakat pesisir yang ada di Lingga. Masyarakat nanti bisa memiliki alternatif sumber pendapatan lain, selain dari perikanan tangkap yang dilakukan mereka secara keseharian.

"Jadi nanti kita buat skala rumah tangga. Karena bisa di lahan perkarangan. Pada prinsipnya semua lokasi di Lingga ini berpotensi, tapi 6 desa itu dipilih berdasarkan hasil musrenbang tahun lalu," ujarnya

Ia mengaku, nantinya tambak semi intenaif tersebut akan dikelolah oleh warga desa setempat. Namun, sebelum itu pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pembudidayaan tersebut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews